Fakta di Balik Hari Musik Nasional 9 Maret

Tim Detikcom - detikHot
Selasa, 02 Mar 2021 14:00 WIB
Hari Musik Nasional
Ilustrasi Hari Musik Nasional. Foto: Istimewa/ Berbagai sumber
Jakarta -

Bulan Maret selalu menjadi bulan yang spesial bagi insan musik dan para pencintanya di Tanah Air. Bagaimana tidak, setiap 9 Maret, Indonesia merayakan Hari Musik Nasional.

Hari Musik menyimbolkan apresiasi untuk para pekerja musik. Berikut sederet fakta di balik perayaan Hari Musik Nasional.

Ditetapkan Pada 2013

Hari Musik Nasional ditetapkan pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013. Sejak 2013, Hari Musik Nasional dirayakan setiap tanggal 9 Maret.

Mengenang W.R. Supratman

9 Maret ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional bukan tanpa alasan. Tanggal itu ditujukan untuk mengenang mendiang Wage Rudolf Supratman, pahlawan nasional yang menciptakan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Meski demikian, tanggal lahir W.R. Supratman disebut keliru. Ada anggapan yang menyebutkan sang maestro musik itu lahir pada 19 Maret 1903, bukan 9 Maret 1903.

Motivasi untuk Musisi

Sejalan dengan negara yang mengakui kinerja para pekerja di bidang musik, penetapan Hari Musik juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri serta memotivasi para musisi tanah air untuk lebih berprestasi di tingkat regional, nasional, dan bahkan internasional.

Perayaan Seru

Tentu tak hanya sekadar perayaan, Hari Musik Nasional seringkali dijadikan momentum untuk mengadakan berbagai acara atau pun konser musik yang seru.

Misalnya d'Hot Music Day yang diadakan detikcom. Acara tahun itu, tahun ini bakal kembali diadakan untuk menyapa para pencinta musik dengan sederet acara yang menarik serta musisi papan atas yang hadir pada tanggal 9 Maret 2021.

Bintang tamu yang bakal memeriahkan acara tersebut, mulai dari kedatangan maestro pencipta lagu, vokalis band kenamaan, musisi muda kekinian, hingga sederet bintang tamu lainnya.

Penasaran dengan acaranya? Tunggu di tanggal 9 Maret 2021 hanya di detikcom.



Simak Video "Makna Hari Musik Bagi Isyana Sarasvati dan Rizky Febian"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)