Alam Urbach Ajak Lara dan Hakim Kolaborasi Proyek Ghosting

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 01 Mar 2021 21:04 WIB
Alam Urbach, Lara, Hakim
Foto: dok. Alam Urbach, Lara, Hakim
Jakarta -

Pencipta lagu Alam Urbach tengah menggagas proyek kolaborasi. Sebagai pembukanya, dia mengajak dua penyanyi yakni Lara dan Hakim dalam lagu berjudul Ghosting.

Menurut Alam Urbach, lagu tersebut tercipta karena bermula dari rasa penasarannya dengan istilah ghosting yang kerap dibicarakan oleh teman-temannya belakangan ini. Seperti makna dari istilahnya, lagu Ghosting bercerita tentang seseorang yang tiba-tiba menghilang tanpa kabar dan permisi.

"Awalnya aku juga nggak tahu ghosting tuh apa, terus nanya gitu kan, ghosting tuh apa sih?" ceritanya dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

Singkat cerita, Alam Urbach pada akhirnya mengetahui makna dari kata tersebut. Tidak lama setelahnya, di kepalanya tiba-tiba tercetus lagu dengan penggalan lirik, "Kamu dimana". Lagu itu pun akhirnya menjadi cikal bakal Ghosting yang ia tulis bersama Trias Joe.

Setelah menulis lagu itu, dirinya langsung terpikir pada sosok Lara dan Hakim yang memang telah berkawan lama dengannya. Alasannya pun sederhana, keduanya dianggap sebagai pelaku ghosting karena kerap sulit dihubungi.

"Kenapa milih Lara sama Hakim kebetulan mereka berdua ini rada-rada tukang ghosting, dua anak ini, ngehubungin mereka susah banget. Pas banget gitu, yaudah deh raja-raja ghosting. Kebetulan kita memang nongkrong bareng juga di studio. Kami ada di circle yang sama, jadi why not?" kata Alam.

Alam Urbach, Lara, HakimAlam Urbach, Lara, Hakim. Foto: dok. Alam Urbach, Lara, Hakim

Meskipun Alam Urbach menggoda keduanya sebagai tukang ghosting karena sulit dihubungi, nyatanya proses penggarapan Ghosting terbilang lancar dan nyaris tanpa tantangan yang berarti.

"Ketika udah mateng lagunya terus ditulis, cepet kok penulisannya, sehari jadi lagunya. Begitu sehari jadi lagunya, aku ngehubungin Lara dulu, aku kasih lagunya ke dia. Dia ketawa-ketawa kan," kisah Alam.

"Memang susah komunikasi sama mereka berdua, tapi kalau masalah jadwal, mereka komit dengan jadwal-jadwal yang sifatnya kerjaan. Jadi tetap di balik santainya mereka, untuk masalah komitmen rekaman timeline segala macem masih sangat aman," sambung Alam.

Membagi Suara

Menurut Alam Urbach, satu-satunya tantangan yang ada dalam proses penggarapan Ghosting adalah membagi suara antara Lara dan hakim.

"Tantangannya tuh cuman membagi vokal si Lara sama Hakim. Si Lara belum pernah nyanyi yang dengan falsetto terus lembut-lembut gitu kan. Dia benar-benar di sini aku suruh nyanyi di luar kebiasaannya dia," kata Alam.

Dia menyambung, "Hakim dengan warnanya sendiri, aku harus membuat part music yang paling nggak nge-blend dengan warnanya Hakim. Jadi diiringi dengan instrumen yang menyamankan mereka lah."

Alam Urbach, Lara, HakimAlam Urbach, Lara, Hakim. Foto: dok. Alam Urbach, Lara, Hakim

Ketika mendapat tawaran dari Alam Urbach, baik Lara maupun Hakim pun mengaku langsung mengiyakan. Lara mengatakan dirinya sudah nyaman berteman dengan Alam Urbach dan Hakim. Hal itu yang membuatnya pun nyaman berkolaborasi sebagai rekan kerja dengan keduanya.

"Kalau aku di project ini sudah beberapa kali sama kak Alam, ini kali pertama sama Hakim. Nggak ada kata nggak untuk nolak lagu ini, yang kami sudah sering kumpul ketemu, nyaman jadinya," ungkap Lara.

Pada proses rekaman, Lara pun mengaku banyak terbantu oleh Alam Urbach yang kerap meyakinkan dirinya walaupun harus menyanyikan dengan cara berbeda dari yang biasa ia lakukan.

"Kalau ngebagi-bagi part vokal kan lagunya tuh nggak yang mikir apa gimana, dan kak Alam selalu yang menyamangatin aku aku pasti bisa dek, pasti bisa. Kebetulan hakim juga kan unik gitu kan jadinya nge-blend aja sih," ujarnya.



Simak Video "Film 'Lara Ati' Jadi Debut Bayu Skak Sebagai Sutradara"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)