Taruk Lepas Mencekam sebagai Pembuka Album

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 01 Mar 2021 09:25 WIB
Taruk
Foto: dok. Grimloc Records/ Taruk
Jakarta -

Grup musik hardcore punk/ metal asal Bandung, Taruk, mengeluarkan single berjudul Mencekam yang menjadi jembatan menuju album perdana mereka, Bara dalam Lebam.

Mencekam bercerita tentang seseorang yang tengah ada dalam titik terendah hidupnya. Dalam fase itu, seseorang kerap merasa marah dan memiliki pandangan sinis pada dunia sekitarnya.

Tokoh dalam lagu itu seakan dihadapkan pada pilihan untuk mewujudkan apa yang diinginkan olehnya atau bergulat dengan realita.

"Secara makna, Mencekam bercerita tentang seseorang yang sedang berada di titik terendah hidupnya. Satu sisi, ia berharap datangnya kekuatan besar guna menaklukkan dunia. Di sisi lain, ia mesti bergulat dengan nasib dan membayangkan dirinya bahagia," tutur gitaris Bobby Prasetyo dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Proses penggarapan Mencekam terbilang sudah berlangsung sejak 2019. Akan tetapi, lagu itu digarap bersama materi lainnya yang bakal masuk dalam album.

Lagu tersebut juga menjadi lagu pertama yang digarap Taruk bersama Zulyadri Rakhman atau Boy saat dia pertama kali bergabung dalam band itu.

"Lagu awal yang kami garap dalam album adalah Mencekam, sekaligus menjadi single. Tembang tersebut juga menjadi warna baru di musik kami hingga menjadi acuan beberapa track lainnya," kata drummer M. Marin Mahran atau Adul.

Nantinya, lagu-lagu dalam album Bara dalam Lebam akan berisikan hasil eksperimen para personel Taruk dalam meramu musik.

"Kami bermain-main dengan berbagai genre, kesukaan pribadi dan apapun yang tampak menarik dalam nalar. Selain kaidah hardcore punk pada umumnya, kami menyajikan riff metal klasik, irama post-punk, biola yang muram dan lain-lain," jelas Bobby.

Sebelumnya, Taruk telah mengeluarkan mini album berjudul Sumpal pada 2019.



Simak Video "Pemerintah akan Buat Sistem Informasi Lagu dan Musik untuk Musisi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)