Dengarkan Lagi 6 Lagu Penuh Kenangan Daft Punk

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 23 Feb 2021 18:02 WIB
LOS ANGELES, CA - FEBRUARY 12:  Music group Daft Punk performs onstage during The 59th GRAMMY Awards at STAPLES Center on February 12, 2017 in Los Angeles, California.  (Photo by Kevin Winter/Getty Images for NARAS)
Foto: Kevin Winter/Getty Images for NARAS
Jakarta -

Setelah bermusik selama 28 tahun sejak 1993, Daft Punk memutuskan bubar. Duo asal Prancis itu mengumumkan berakhirnya perjalanan karier bermusik mereka dalam video berdurasi delapan menit berjudul Epilog.

Video tersebut merupakan cuplikan dari film yang sempat mereka buat pada 2006 dengan judul Electroma.

Tentunya berakhirnya perjalanan Daft Punk membuat sejumlah penggemarnya merasa kehilangan. Bagaimana tidak, mereka terakhir kali merilis karya baru pada 2013 dalam album berjudul Random Access Memory (RAM). Tentunya, para penggemar telah lama menantikan karya baru dari mereka.

Namun, alih-alih mendapatkan kabar mereka merilis sesuatu yang baru, justru kabar bubarnya Daft Punk yang mereka terima.

Baca juga: Daft Punk Bubar!

Selama bermusik, Daft Punk memang dikenal sebagai duo yang selalu tampil beda. Setiap kali mereka mengeluarkan sesuatu yang baru, hal itu tidak terdengar layaknya pengulangan. Musik mereka pun banyak mempengaruhi grup dan musisi elektronik lainnya.

Daft PunkDaft Punk. Foto: YouTube

Meski telah bubar, bukan berarti kita tidak lagi bisa mendengarkan karya-karya mereka. detikcom merangkum sejumlah karya Daft Punk yang dapat kamu dengarkan untuk mengenang mereka

Digital Love

Digital Love merupakan salah satu lagu milik Daft Punk yang paling dikenal. Lagu itu merupakan single ketiga dari album Discovery (2001) yang merupakan album kedua dari duo tersebut.

Tidak hanya itu, lagu tersebut juga muncul dalam anime fiksi ilmiah yang berjudul Interstella 5555: The 5tory of 5ecret 5tar 5ystem (2003) yang disutradarai oleh Kazuhisa Takenouchi menjadi visualisasi dari album Discovery.

[Gambas:Youtube]



Something About Us

Something About Us juga merupakan salah satu lagu yang terdapat dalam album kedua Daft Punk yang bertajuk Discovery (2001). Lagu itu merupakan single keenam sekaligus yang terakhir dari album tersebut.

Ditilik secara lirik, Something About Us merupakan lagu cinta.

Terdapat dua versi video klip dari Something About Us. Versi pertama adalah penggalan adegan yang ada dalam Interstella 5555: The 5tory of 5ecret 5tar 5ystem (2003) dan yang kedua adalah kompilasi dari cuplikan adegan Shep dan Stella (tokoh dalam film Interstella 5555).

[Gambas:Youtube]



Harder, Better, Faster, Stronger

Harder, Better, Faster, Stronger juga merupakan salah satu lagu populer yang terdapat dalam Discovery (2001).

Ada hal menarik yang dikatakan Daft Punk ketika merilis Discovery. Mereka mengaku bahwa dua orang di balik topeng tersebut, yakni Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Homem-Christo telah 'mati' karena ledakan sampler pada 1999. Mereka lalu digantikan oleh 'dua robot' yang melanjutkan pengerjaan Discovery.

[Gambas:Youtube]



Around the World

Sebuah grup atau seorang musisi tidak akan memiliki karier yang panjang tanpa permulaan yang baik. Maka album debut Daft Punk yang bertajuk Homework (1997) adalah album yang penting.

Dalam debut albumnya tersebut terdapat lagu Around the World yang terbilang eksentrik. Bagaimana tidak, sepanjang lagu, Around the World hanya memiliki satu kalimat yang menjadi lirik dan berulang-ulang dilantunkan, yakni "Around the world".

[Gambas:Youtube]



Instant Crush

Instant Crush merupakan lagu yang ada dalam album Random Access Memory atau RAM (2013). Dalam lagu tersebut, Daft Punk menggandeng Julian Casablancas dari The Strokes sebagai kolaborator.

Lagu tersebut menjadi single keempat dari album yang rilis pada November 2013 itu. Instant Crush juga masuk dalam daftar 100 lagu terbaik di tahun itu versi Rolling Stone.

[Gambas:Youtube]



Get Lucky

Get Lucky juga merupakan lagu yang terdapat dalam album Random Access Memory atau RAM (2013). Pharrel Williams dan Nile Rodgers menjadi kolaborator dalam lagu tersebut.

Lewat lagu tersebut, Daft Punk berhasil memenangkan piala di kategori Record of the Year dan Best Pop Duo/Group Performance pada Grammy Awards ke-56.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "28 Tahun Berkarier di Dunia Musik, Daft Punk Bubar!"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)