Daft Punk Bubar Setelah 28 Tahun Konsisten Tampil Misterius

Asep Syaifullah - detikHot
Selasa, 23 Feb 2021 12:01 WIB
LONDON, ENGLAND - FEBRUARY 19:  Daft Punk impersonators attend The BRIT Awards 2014 at 02 Arena on February 19, 2014 in London, England.  (Photo by Anthony Harvey/Getty Images)
Aksi heboh Daft Punk pada Brit Awards 2014. Getty Images/Anthony Harvey
Jakarta -

Dua orang pemuda asal Paris mungkin tak pernah menyangka jika dirinya akan jadi seterkenal ini dan memiliki karier yang lumayan lama di belantikan musik elektronik dan R&B. Keduanya adalah Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Homem-Christo yang lebih dikenal dengan nama Daft Punk.

Pada 1993, keduanya pun memutuskan untuk membentuk duo yang membawakan musik-musik house dengan sentuhan ala Perancis. Butuh waktu hingga empat tahun sebelum akhirnya mereka berhasil meramu musik mereka dan ditandai dengan album perdananya yakni Homework.

Pada album tersebut, Daft Punk memasukan beberapa lagu-lagu klasik seperti Around the World dan Da Funk. Album tersebut pun mendapatkan sambutan positif dari penikmat musik usai dirilis oleh Virgin Records pada 1997.

Baca juga: Daft Punk Bubar!

Kesuksesan pun tampak semakin dekat dengan mereka setelah memutuskan untuk merilis album keduanya yakni Discovery pada 2001. Dalam album tersebut terdapat beberapa hits seperti Digital Love, One More Time hingga Harder, Better, Faster, Stronger yang membuat nama mereka dikenal di seluruh dunia.

Hingga saat ini Daft Punk pun telah memiliki empat buah album, satu LP dan satu album soundtrack film Tron:Legacy yang dirilis pada 2010. Mereka pun telah mendapatkan enam piala Grammy Awards setelah masuk nominasi sejak 1998 hingga 2014 lalu.

LOS ANGELES, CA - FEBRUARY 12: Musicians Daft Punk and The Weeknd (C) attend The 59th GRAMMY Awards at STAPLES Center on February 12, 2017 in Los Angeles, California.  (Photo by Christopher Polk/Getty Images for NARAS)LOS ANGELES, CA - FEBRUARY 12: Musicians Daft Punk and The Weeknd (C) attend The 59th GRAMMY Awards at STAPLES Center on February 12, 2017 in Los Angeles, California. (Photo by Christopher Polk/Getty Images for NARAS) Foto: Christopher Polk/Getty Images for NARAS

Namun seolah kehilangan magisnya, Daft Punk mulai menghilang secara perlahan usai 2014. Mereka pun lebih sering muncul berduet dengan beberapa musisi pada beberapa tahun belakangan.

Dalam wawancaranya dengan Pitchfork pada 2013 lalu, Thomas Bangalter mengaku jika mereka tengah mencari ramuan baru usai merilis album Random Acces Memory (RAM) pada 2013.

Keduanya pun selalu berusaha untuk konsisten tetap menutupi wajah asli mereka dengan kostum dan helm robot tersebut di beragam acara.

"Saat kau tahu bagaimana trik sulapmu berakhir, itu sungguh menyedihkan. Kami fokus membuat ilusi karena jika kita membocorkannya maka akan membuat orang-orang kehilangan rasa penasarannya," tuturnya.

Kini keduanya memutuskan untuk bubar setelah 28 tahun bertahan di industri musik. Kabar itu diumumkan mereka lewat sebuah video bertajuk Epilog dengan durasi 8 menit yang menampilkan keduanya berjalan di daerah gurun. Video tersebut merupakan cuplikan dari film yang sempat mereka buat pada 2006 yakni Electroma.

Dalam video itu pun mereka menggambarkan perpisahan antara duo tersebut dengan adegan di mana salah satunya melepas jaket dan muncul gelombang energi besar dengan hitungan mundur dan membuat mereka saling menjauh hingga meledak.

Hingga saat ini pun belum diketahui alasan dibalik bubarnya Daft Punk. Juru bicara mereka, Kathryn Frazier pun hanya mengonfirmasi kabar bubarnya mereka namun menolak untuk membeberkan alasan dari bubarnya grup tersebut.



Simak Video "28 Tahun Berkarier di Dunia Musik, Daft Punk Bubar!"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)