Cerita di Balik Lagu Terpesona yang Viral

Pingkan Anggraini - detikHot
Minggu, 07 Feb 2021 06:00 WIB
ilustrasi menyanyi
Ilustrasi musik. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Semuel Takatelide merupakan pencipta lagu Terpesona yang kini viral di media sosial. Semuel menceritakan asal lagu Terpesona itu bisa dikenal dan viral hingga saat ini.

Dijelaskan Semuel, lagu tersebut dia ciptakan pada 1995 hingga 1996. Saat itu Semuel tengah ingin mengikuti lomba berbalas syair lagu budaya Masamper.

"Kalau di Sangihe Talaud itu, ada Masamper kan, ada budaya Masamper. Nah, budaya Masamper itu dia saling berbalas pantun dalam syair lagu," ujar Semuel saat dihubungi awak media, Sabtu (6/2/2021).

Dalam lomba tersebut Semuel mengaku penilaian hasil karya dilihat dari faktor kesulitan membalas lagu. Semuel pun mengaku telah membayangkan untuk menciptakan rasa terpesona dalam dunia mimpi.

Hal itu merupakan taktik dari Semuel agar lagu tersebut tak dapat dibalas oleh lawannya.

"Dalam lomba itu, itukan berbalas pantun. Kebetulan yang dinilai itu faktor kesulitan membalas lagu," ujar Semuel lagi.

"Kalau saya bikin lagu terpesona dengan dunia nyata, mungkin mereka gampang balas lagu-nya. Jadi makanya saya bikin lagu itu terciptanya terpesona dalam mimpi. Jadi itu sulit mau dibalas itu," lanjutnya.

Pria asal Manado, Sulawesi Utara itu menegaskan, lagu Terpesona bukan hanya sekali diikutsertakan ke dalam lomba. Semuel menjelaskan lagu itu sudah banyak meraih kemenangan sebelumnya.

Lagu Terpesona itu sempat sukses di kalangan masyarakat Sulawesi Utara pada 1998. Usai itu, Semuel kemudian merilis lagu itu melalui kerjasama dengan perusahaan label rekaman musik.

"Itu lagu terpesona itu tahun 98 saya rilis dapur rekaman. Masih pakai pita reel, belum CD. Masih kaset pita. Terus, kebetulan lagu itu meledak juga tahun 1998, itu di Sulawesi Utara meledak lagu itu," tutur Semuel.

Sedangkan lagu Terpesona yang viral dinyanyikan anggota TNI itu merupakan pengalaman Semuel yang diminta untuk melatih Masamper oleh Komando Resor Militer 131/Santiago Sulawesi Utara dalam rangka peresmian rumah sakit Robert Wolter Monginsidi pada 2007 silam.

Dalam pelatihan tersebut tampak beberapa anggota aparatur negara yang menyanyikan lagu tersebut. Seperti pada video yang viral itu, anggota yang mengikuti pelatihan mulai dari Kepolisian, Angkatan Laut, Angkatan Udara, hingga Angkatan Darat.

"Kebetulan Panglima (Djoko Santoso) mau datang itu. Jadi saya dipanggil untuk melatih Masamper di Korem itu tahun 2007," ungkap Semuel.

Mengenai alasan lagu Terpesona jadi yel-yel Tentara Nasional Indonesia (TNI), Semuel tidak mengetahui hal itu. Ia bahkan menduga lagu tersebut memiliki irama yang asik sehingga dijadikan yel-yel.

"Terus, lagu itu sudah saya perkenalkan tahun 2007 itu, mungkin sudah tertanam di benak mereka. Mungkin karena lagunya asyik, jadi bikin yel-yel. Kira kira ceritanya begitu sampai ke TNI dan Polri," tutur Semuel.



Simak Video "Pemerintah akan Buat Sistem Informasi Lagu dan Musik untuk Musisi"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/srs)