Konser BEYONDmo 2021, NOAH Bakal Gunakan Teknologi Extended Reality

Jihaan Khoirunnisaa - detikHot
Rabu, 06 Jan 2021 22:19 WIB
NOAH konser di Gili Trawangan
Ilustrasi konser Noah/Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Grup band NOAH akan menggelar konser konser 'NOAH BEYONDmo 2021' yang bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Konser ini nantinya akan ditayangkan secara virtual pada 9 Januari 2021 mendatang.

Grup yang beranggotakan Ariel, Lukman, dan David ini memberikan bocoran terkait penampilan spesial yang akan mereka suguhkan kepada penggemar.

Dikatakan oleh Ariel, NOAH akan tampil dengan membawa konsep yang berbeda dari konser virtual sebelumnya. Jika konser bertajuk 'Halusinasi' menggunakan teknologi greenscreen, dan konser 'NOAH Keterkaitan Keterikatan Acoustic Version in 360' membawa konsep kamera 360, kali ini NOAH akan mengusung teknologi canggih, yaitu Extended Reality (ER).

"Fokusnya itu lebih di visual. Ini namanya extend reality, jadi tipuan matanya lebih banyak. Ada background, ada kita sebagai objek di tengah, habis itu ada filternya lagi di tengah. Jadi semua layer diharapkan bisa membuat pas diliat itu kayak konsernya itu kita benar-benar ada di alam berbeda," ujar Ariel dalam acara Virtual Meet & Greet: Konser NOAH BEYONDmo 2021, Rabu (6/1/2021).

NOAH dan BRI menggandeng salah satu media streaming untuk menghadirkan teknologi ER untuk pertama kalinya di Indonesia. ER atau extended reality merupakan gabungan dari augmented reality (AR), virtual reality (VR) dan mixed reality (MR) yang banyak digunakan dalam industri games dan dunia perfilman Hollywood.

Dengan teknologi ER, penonton dapat merasakan sensasi visual yang menarik. Pasalnya, teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman berinteraksi secara visual dalam berbagai efek visual fotorealisma secara detail, seperti pencahayaan, bayangan, efek partikel, cuaca, pantulan sinar, serta kontras.

"Dengan teknologi yang ada diharapkan pas ngeliat nanti kita kayak benar-benar konser di satu dunia yang bisa berubah ke sana-sini, seperti riil. Katakanlah salju, bukan cuma belakangnya doang salju, tapi di depannya juga ada efek angin. Jadi pas yang nonton wow, kayak benar-benar lagi manggung di outdoor, ya," imbuhnya.

Sebagai informasi, konser 'NOAH BEYONDmo 2021' bisa disaksikan secara online melalui platform media streaming pada 9 Januari 2021 pukul 20.00 WIB. Di waktu yang bersamaan, nantinya BRI juga akan meluncurkan BRImo new look, yaitu layanan mobile banking BRI dengan tampilan yang lebih user-friendly dengan menggabungkan berbagai fungsi layanan perbankan dalam satu genggaman.

(prf/ega)