Billboard Setop Chart Social 50

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 27 Des 2020 18:02 WIB
LAS VEGAS, NV - MAY 21:  Music group BTS poses at SiriusXMs Hits 1 in Hollywood red carpet broadcast on SiriusXMs SiriusXM Hits 1 channel before the Billboard Music Awards at the T-Mobile Arena on May 21, 2017 in Las Vegas, Nevada.  (Photo by David Becker/Getty Images for SiriusXM)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Social 50 Chart adalah salah satu chart Billboard yang amat populer. BTS dan Justin Bieber adalah musisi yang mendapat peringkat teratas buat chart ini selama ratusan pekan. Kini Social 50 Chart dari Billboard akan dihentikan.

Tapi tidak untuk jangka waktu yang lama. Billboard berencana untuk setop menampilkan peringkat di Social 50 Chart buat sementara waktu. Hal ini dijelaskan Billboard dalam unggahannya ke situs resmi mereka pada Sabtu (26/12/2020).

"Billboard tidak akan menerbitkan chart Social 50, peringkat dari musisi dengan engagement paling tinggi di media sosial, hingga periode waktu yang tidak bisa dipastikan," tulis Billboard seperti dilihat detikcom pada Minggu (27/12/2020).

Billboard lebih lanjut menjelaskan, penghentian ini bersifat sementara. Karena Billboard tengah berusaha untuk transisi dengan partner tim data yang baru.

Seperti diketahui, Billboard Social 50 merupakan chart berdasarkan data perusahaan analitik Next Big Sound, yang merangkum pergerakan sosial para selebriti melalui Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Wikipedia. Chart ini menentukan rankingnya dari kombinasi followers, permintaan teman, atau fans dengan jumlah penonton dan engagement artis tersebut.

Di tahun 2021 nanti rencananya Billboard ingin merombak sistem yang lama dengan menghadirkan sistem dan data yang baru. Sehingga diputuskan chart ini akan berhenti untuk sementara waktu.

"Billboard saat ini dalam proses diskusi untuk mengembalikan Social 50 lewat partner data yang baru, yang rencananya akan diluncurkan awal 2021," lanjut Billboard.

Efek penghentian sementara Social 50 Chart

Disetopnya Social 50 Chart oleh Billboard berdampak pada chart yang lain dari situs musik terkemuka dunia itu. Data yang akan terpengaruh di antaranya Billboard's Artist 100 dan chart Emerging Artist. Kedua chart ini merupakan hasil kombinasi data dari media sosial ditambah lagi pemutaran di radio, stream, dan penjualan album.

Meski demikian, chart-chart tersebut tidak akan berhenti dirilis selama Social 50 Chart vakum sementara. Namun memang perubahannya angkanya akan terpengaruh.

BTS adalah bintang K-Pop yang menyamai rekor Justin Bieber dalam Social 50 Chart. Hingga awal tahun ini saja, nama BTS sudah jadi nomor satu di Social 50 Chart selama 163 minggu.

BTS pertama kali berada di posisi teratas chart tersebut pada 29 Oktober 2016. Semenjak itu, posisi mereka berubah-ubah. Namun sejak 29 Juli 2017, RM Cs secara konsisten terus berada di posisi pertama.

Hal ini membuat BTS menerima penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Awards. Tak hanya satu kali, tetapi tiga tahun berturut-turut.



Simak Video "BTS Cetak Sejarah, Lagunya Ada di No. 1 dan 2 Billboard Hot 100"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/dal)