Endah N Rhesa Beri Hadiah Akhir Tahun dengan Rilis Album Live

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 23 Des 2020 20:42 WIB
Endah N Rhesa
Foto: Endah N Rhesa / dok. Istimewa
Jakarta -

Endah N Rhesa punya hadiah akhir tahun yang spesial untuk para penggemarnya. Mereka mengeluarkan album Live Session yang mereka rekam saat perayaan ulang tahun pernikahan mereka dalam acara bertajuk Earnight pada Desember 2019.

Ini merupakan kali pertama Endah N Rhesa mengeluarkan album live. Lagu yang mereka bawakan dalam album tersebut adalah lagu-lagu yang mereka tulis sejak awal karier hingga 2019.

"Tujuan merilis album Live Session ini adalah sebagai dokumentasi rekaman live yang apik dengan partisipasi penonton yang sesuai dengan ekspektasi kami yaitu terdengar intim dan personal," ujar Rhesa dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Sebenarnya rencananya untuk mengeluarkan album live sudah ada sejak lama di benak Endah N Rhesa. Akan tetapi, keinginan itu baru terwujud saat ini. Ditambah lagi, di masa pandemi, menonton penampilan musisi secara langsung adalah salah satu hal yang dirindukan.

Menurut Endah, ada melankoli tersendiri saat mendengarkan kembali rekaman penampilan live mereka. Bagaimana tidak, rekaman tersebut membawa kerinduan tersendiri baginya.

"Awalnya kami ingin merilis album ini pertengahan tahun 2020, tapi ternyata pandemi COVID-19 membuat kami mengubah rencana tersebut. Akhirnya kami memutuskan untuk merilis album ini setahun setelah direkam," cerita Endah.

Endah N RhesaEndah N Rhesa. Foto: Istimewa

"Ada rasa sentimentil yang luar biasa bahwa sudah hampir setahun kita tidak bisa melakukan kegiatan seperti apa yang ada di rekaman ini," tambah dia.

Proses rekaman dari album itu terbilang unik. Penonton yang hadir terbatas dengan mengharuskan penonton membawa perangkat telinga, misalnya earphone atau headset untuk menghindari kebocoran suara yang tidak diinginkan. Acara berlangsung di Earhouse Pamulang, Tangerang Selatan.

"Karena kami berdua pegang instrumen, kami berpesan pada penonton untuk melihat dan mengikuti komando melalui gestur badan dan kontak mata. Tidak ada instruksi verbal saat pertunjukan berlangsung. Lumayan tegang, tapi menyenangkan," kenang Endah.

Rekaman dilakukan tanpa jeda dengan sekali rekam. "Ya, pokoknya seperti main live saja. Sekali jalan, kami rekam. Paling jeda antar lagu saja," jelas Rhesa.

Before You Sleep versi live dari album Nowhere to Go (2009) dipilih menjadi single dari album Live Session.

Selain mengeluarkan audio album Live Session di layanan streaming digital, Endah N Rhesa juga mengabadikan momen tersebut secara visual. Bekerja sama dengan Image Maker, video dokumenter tersebut akan dirilis tanggal 28 Desember 2020 di kanal YouTube mereka.



Simak Video "Endah N Rhesa Nekat Cantumkan 'Seniman' di KTP, Ini Konsekuensinya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)