Penyebab Kematian Eddie Van Halen Terungkap

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 14 Des 2020 11:10 WIB
Eddie Van Halen Meninggal
Eddie Van Halen. Foto: Getty Images
Jakarta -

Penyebab kematian Eddie Van Halen telah terungkap setelah dua bulan pasca meninggalnya sang musisi. Dalam sertifikat kematian yang diperoleh TMZ, dituliskan sang musisi meninggal secara tiba-tiba dikarenakan gangguan tiba-tiba serebrovaskular atau stroke.

Selain stroke, Eddie Van Halen juga memiliki beberapa penyakit bawaan, yakni pneumonia, kelainan sumsum tulang, myelodysplastic syndrome, dan kanker paru-paru.

Sertifikat kematian itu juga menjabarkan sejumlah kondisi lainnya, yakni kanker kulit di kepala dan leher serta detak jantung yang tidak normal.

Sebelumnya, menurut NME, jasad Eddie Van Halen telah dikremasi 22 hari setelah ia dinyatakan meninggal. Abu mendian diserahkan pada putranya, Wolfgang.

Semasa hidupnya, Eddie Van Halen dikenal sebagai musisi ikonik. Meski lahir di Amsterdam, Eddie Van Halen dibesarkan di California, Amerika Serikat. Bersama saudara kandungnya, Alex, Eddie mendirikan Van Halen.

Van Halen menjadi band besar yang begitu populer. Band itu telah merilis 12 album studio dengan sejumlah hits single di antaranya Jump, Panama, Ain't Talking 'Bout Love, hingga Runnin' with the Devil.

Musisi kelahiran Amsterdam, 26 Januari 1955 itu meninggal dunia pada 6 Oktober 2020. Dia tutup usia di umur 65 tahun. Sebelumnya, Eddie Van Halen telah berjuang melawan kanker selama lebih dari 10 tahun.

Pada 2015, Van Halen mengatakan dalam sebuah wawancara kepada Majalah Billboard bahwa sepertiga lidahnya diangkat karena kanker yang menyebar ke kerongkongan.

"Saya menggunakan sesuatu dari logam, terbuat dari kuningan dan tembaga. Saya selalu pegang di mulut, persis di tempat saya terkena kanker lidah," kata Van Halen, saat itu.

Eddie Van Halen wafat di St. John's Hospital, Santa Monica, Amerika Serikat. Ketika menghembuskan napas terakhir, ia ditemani istrinya Janie dan anaknya, Wolf.

Mantan istri dari sang gitaris, Valerie Bertinelli juga ikut mendampingi Eddie beserta keluarganya di detik-detik terakhir. Saudara sekaligus rekan satu bandnya di Van Halen, Alex, juga melepas Eddie.



Simak Video "Gitaris Legendaris Rock Eddie Van Halen Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)