Pertama Kali di Grammy, Nominasi Best Rock Performance Didominasi Perempuan

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 25 Nov 2020 19:39 WIB
NEW YORK, NY - JUNE 04: (L-R) Alana Haim, Danielle Haim, and Este Haim of HAIM attend Governors Ball After Hours hosted by Samsung 837 on June 4, 2016 in New York City.  (Photo by Donald Bowers/Getty Images for Samsung)
HAIM jadi salah satu musisi yang memperoleh nominasi di kategori Best Rock Performance. Foto: Donald Bowers
Jakarta -

Selama ini, musik rock kerap dianggap sebagai genre musik yang didominasi oleh musisi laki-laki. Akan tetapi momentum tidak biasa di Grammy Awards ke-63.

Untuk pertama kalinya, kategori Best Rock Performance diisi oleh musisi perempuan atau band yang kepalai perempuan.

Nominasi itu diisi oleh Fiona Apple dengan Shameika, Big Thief dengan Not, Phoebe Bridgers dengan Kyoto, HAIM dengan The Steps, Brittany Howard dengan Stay High, dan Grace Potter dengan Daylight.

Memang terdapat personel laki-laki dalam Big Thief, akan tetapi band itu dikepalai oleh musisi perempuan Adrienne Lenker.

Tidak hanya itu, kategori Best Rock Song juga didominasi oleh musisi perempuan dengan Fiona Apple, Phoebe Bridgers, Brittany Howard dan Big Thief turut masuk sebagai nominasi.

Sebagai salah satu musisi yang memperoleh nominasi untuk kategori tersebut, HAIM mengungkapkan rasa syukur dan kegembiraannya lewat sebuah foto yang mereka unggah di Instagram.

"WE TOLD YOUUUUUUUUU!!! women DO make the best rock music CONGRATS TO ALL THE LADIESSSSSSS!!" tulis mereka di kolom keterangan.

Tulisan itu berarti, "Kami sudah bilang pada kalian, perempuan memang memuat musik rock terbaik. Selamat untuk semua perempuan!"

[Gambas:Instagram]



Tahun ini, perempuan memang memperoleh tempat tersendiri dalam nominasi Grammy Awards ke-63. Beyonce Knowles memperoleh sembilan nominasi, terbanyak di ajang itu.

Sedangkan musisi perempuan lainnya, yakni Dua Lipa dan Taylor Swift memperoleh masing-masing enam nominasi.

Keadaan itu berbanding terbalik dengan 2018 ketika pemenang Grammy Awards didominasi oleh laki-laki hingga muncul protes dan seruan #GrammySoMale yang dilayangkan pada The Recording Academy selaku penyelenggara.

Nominasi Grammy Awards 2021 mencakup karya yang rilis sepanjang periode 1 September 2019 hingga 31 Agustus 2020. Total ada 83 kategori dalam nominasi kali ini.

Pemenang di ajang itu akan diumumkan dalam penganugerahan Grammy Awards ke-63 yang akan berlangsung pada 31 Januari 2021 waktu setempat disiarkan di CBS.



Simak Video "Respons Para Musisi Usai Masuk Nominasi Grammy Awards 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)