Akulturasik Jadi Karya Original Perdana Feel Koplo

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 23 Nov 2020 18:37 WIB
Feel Koplo
Foto: dok. Feel Koplo
Jakarta -

Feel Koplo selama ini dikenal lewat aksi panggungnya yang kerap menghadirkan remix dari sejumlah lagu populer Indonesia dalam versi dangdut. Tapi kali ini duo elektronik yang terdiri Tendi Ahmad dan Maulfi Ikhsan itu menghadirkan sesuatu yang lain.

Untuk pertama kalinya, Feel Koplo merilis sebuah single yang merupakan karya original mereka. Lagu itu berjudul Akulturasik.

Dua personel Feel Koplo menyebutkan, mereka sudah lama ingin mengeluarkan karya original. Akan tetapi kerap terkendala waktu. Adanya pandemi COVID-19 membuat sejumlah kegiatan mereka terhenti sejenak, hal itu yang menyebabkan mereka memfokuskan diri untuk menggarap lagu yang telah lama mereka rencanakan itu.

"Sebenarnya sudah sejak lama kami berencana membuat lagu sendiri. Namun baru di masa pandemi ini, ketika sedang tidak disibukkan oleh manggung, kami memutuskan untuk fokus menggarapnya," ungkap Feel Koplo melalui siaran pers yang diterima detikcom, Senin (23/11/2020).

Mengenai lagu yang baru saja mereka rilis itu, Feel Koplo menambahkan, "Akulturasik adalah pernyataan tentang identitas kami sebenarnya, sekaligus menjawab berbagai ekspektasi audiens."

Melalui Akulturasik, Feel Koplo ingin memberikan penjelasan bagi pendengarnya bahwa meski nama mereka mengandung kata 'koplo', akan tetapi mereka tidak selalu mengusung musik koplo. Lebih jauh, bagi mereka nama Feel Koplo datang dari plesetan 'pil koplo'.

Dalam proses penggarapannya, Tendi Ahmad dan Maulfi Ikhsan dibantu oleh sejumlah musisi lainnya, di antaranya Alyuadi Febriansyah dari Heals dan Fuzzy, I dalam penulisan lagu.

Ada pula Brigita Meilala pada vokal tiga, Yoga Wardana pada gitar akustik, Pangestu Hning pada violin dan cello, serta Aldi Haridiansyah pada kendang.

Selain merilis lagunya, Feel Koplo juga mengeluarkan video klip dari Akulturasik. Video itu disutradarai oleh Wildan Sugara dan melibatkan Sabiq Hibatulbaqi sebagai penata animasi, Dwi Anugrah sebagai penata fotografi, Adnan Sentosa sebagai penyunting, UVISUAL dan menampilkan Wildan Yusra sebagai bintang dari video klip itu.



Simak Video "'Jakarta Block Party' Siap Sulap 5 Kawasan SCBD"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)