Scooter Braun Jual Katalog Lagu Taylor Swift Seharga Rp 4,2 T

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 18 Nov 2020 07:50 WIB
BEVERLY HILLS, CALIFORNIA - JANUARY 05: Taylor Swift attends the 77th Annual Golden Globe Awards at The Beverly Hilton Hotel on January 05, 2020 in Beverly Hills, California. (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)
Katalog lagu Taylor Swift dijual Scooter Braun seharga Rp 4,2 T. Frazer Harrison/Getty Images
Jakarta -

Masalah antara Taylor Swift dan Scooter Braun kembali memanas. Hal itu disebabkan karena keputusan Scooter untuk menjual katalog lagu Taylor sebesar 300 juta dollar atau senilai Rp 4,22 triliun.

Pria berusia 39 tahun itu menjual hak cipta dari enam album perdana Taylor pada sebuah perusahaan yang tak disebutkan namanya. Hingga saat ini pun belum ada angka resmi tentang besaran harga yang didapatkan dari perjanjian tersebut, namun dari sumber dekatnya disebutkan jika Scooter melakukan kontrak kurang lebih dari 300 juta dollar.

Anga tersebut sama dengan jumlah yang dikeluarkan oleh Scooter Braun saat membeli katalog lagu-lagu itu dari Big Machine yang didirikan Scott Borchetta. Keduanya melakukan perjanjian kontrak lebih dari 300 juta dollar pada Juni 2019 lalu.

Perjanjian itu pun menjadi berita hangat di seluruh media dan membuat Taylor Swift meradang hingga menumpahkan kekesalannya di Twitter. Ia merasa jika dirinya ditipu dan dicurangi karena tak bisa memiliki master-master dari lagu miliknya itu.

Taylor menjelaskan jika dirinya gagal bernegosiasi untuk membeli kembali katalog musiknya itu. Ia pun menyebutkan jika Scooter Braun adalah sosok yang sangat keras kepala yang tak memberikannya kesempatan untuk berbicara ataupun berdiskusi dengan BMLG (Big Machine Label Group) Records.

Kekasih Joe Alwyn itu pun mengaku jika master lagu-lagunya itu dijual tanpa sepengetahuannya. Ia pun memanfaatkan momen American Music Awards (AMAs) 2019 sebagai ajang curhatnya.

"Setahun terakhir dalam hidupku memiliki saat-saat paling menakjubkan dan juga beberapa hal tersulit dalam hidupku dan tidak banyak dari mereka mengetahuinya," ungkapnya di atas panggung.

"Seperti, industri ini benar-benar aneh," lanjutnya.

Awal mula masalah Taylor Swift dan Scooter Braun di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2