Grammy Ubah Nama Kategori World Music karena Dianggap Warisan Kolonial

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 03 Nov 2020 16:51 WIB
Grammy Awards
Foto: Grammy Awards
Jakarta -

Grammy Awards mengganti nama untuk kategori Best World Music Album menjadi Best Global Music Album. Sebab nama asli kategori itu dianggap sebagai konotasi dari kolonialisme.

Recording Academy membuat keputusan pada hari Senin, 2 November 2020 setelah berdiskusi dengan sejumlah seniman, etnomusikolog dan ahli bahasa dari berbagai belahan dunia. Dilansir Billboard, yayasan penyelenggara Grammy Awards itu menganggap pembaharuan dalam nama itu membuat kategori itu menjadi lebih relevan, modern, dan inklusif secara istilah.

"Sebagaimana kami terus mencoba merangkul pola pikir yang benar-benar global, kami memperbarui bahasa yang kami pakai untuk mencerminkan kategorisasi yang lebih tepat yang berupaya melibatkan dan merayakan lingkup musik dari seluruh dunia," kata The Recording Academy dalam keterangannya.

"Perubahan itu melambangkan hilangnya konotasi yang bermakna kolonialisme dan pemisahan mana yang dianggap bukan Amerika yang terkandung dalam istilah sebelumnya. Saatnya beradaptasi dengan tren musik saat ini dan mengakui evolusi keberagaman budaya di berbagai komunitas yang mungkin diwakilinya," sambung keterangan itu.

Keputusan itu juga didasarkan adanya pergerakan menuntut kesetaraan ras dan penghapusan tindak rasialisme yang berlangsung secara besar-besaran pada Juni 2020 lalu.

Ini bukan kali pertama Grammy Awards mengganti nama kategorinya setelah adanya gerakan #BlackLivesMatter. Sebelumnya, mereka juga menghilangkan kata "urban" dalam kategorinya.

Kategori Best Urban Contemporary Album akan menjadi Best Progressive R&B Album pada penyelenggaraan Grammy Awards selanjutnya.

Selain itu, keputusan Recording Academy itu juga berkaca pada gelaran piala Academy Awards atau Oscar yang mengganti kategori Best Foreign Language Film menjadi Best International Feature Film.

Grammy Awards tahun selanjutnya akan berlangsung pada 31 Januari 2021. Tahun ini kategori Best World Music Album dimenangkan oleh Anglique Kidjo untuk album Celia yang rilis pada 2019.



Simak Video "Tak Dapat Nominasi Sama Sekali, The Weeknd Tuduh Grammy Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)