Fakta November Rain, Lagu Guns N' Roses yang Pas Didengarkan saat Hujan

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 01 Nov 2020 15:27 WIB
Konser Guns N Roses di GBK.
Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Guns N' Roses merilis salah satu lagu populernya, November Rain, pada 1991. Lagu ini dirilis bersamaan dengan album ketiga mereka bertajuk Use Your Illusion I.

Liriknya yang menggambarkan cinta bertepuk sebelah tangan digabungkan dengan aransemen strings gubahan Axl Rose membuat lagu ini terdengar sangat melankolis. Apalagi jika didengarkan di awal musim hujan di bulan November.

Yuk cari tahu lebih dalam fakta-fakta lagu November Rain:

1. Digarap Axl Rose Sejak 1983

Lagu ini sudah lama digarap sebelum pada akhirnya dirilis. Diungkap oleh Tracii Guns, ia mengaku sering melihat Axl memainkan lagu ini di piano.

Ia pernah bertanya kepada Axl kapan lagu ini akan diselesaikan. Namun Axl Rose tak pernah bisa menjawab pertanyaan tersebut.

2. Salah Satu Lagu Terpanjang Guns N' Roses

Versi album dari lagu November Rain memiliki durasi 8:57 menit. Saat dirilis sebagai single, lagu ini dipangkas menjadi 4:43 menit.

Dengan durasi tersebut, November Rain menjadi lagu terpanjang ketiga yang pernah dirilis Guns N' Roses. Di posisi pertama ada Coma dengan durasi 10:14, diikuti oleh Estranged dengan durasi 9:24.

3. Ada Berbagai Versi

Selain versi album dan single, ada berbagai versi lagu November Rain yang bisa dinikmati penggemar Guns N' Roses. Versi paling awal yang tersedia untuk publik adalah versi 10 menit yang direkam di sesi 1986 Sound City.

Versi ini digarap oleh Rose saat Guns N' Roses sedang mempersiapkan album Appetite for Destruction. Versi demo ini hanya mengandalkan piano dan vokal, tapi tetap dikenali sebagai rangka yang membentuk November Rain.

Selain itu, ada juga versi lima menit yang lagi-lagi direkam di sesi 1986 Sound City. Versi demo ini mengandalkan gitar akustik dan perkusi yang lembut.

4. Cetak Banyak Rekor

Begitu dirilis sebagai single pada Februari 1992, November Rain langsung merangsek tangga lagu Billboard Hot 100 di posisi 3. November Rain pun menjadi salah satu lagu dengan durasi terpanjang yang berhasil masuk Top 10 Billboard Hot 100.

Tidak hanya itu, pada Juli 2018, video klip November Rain berhasil menjadi video pertama yang dibuat sebelum adanya YouTube yang telah ditonton 1 miliar kali. Saat ini video tersebut telah ditonton lebih dari 1,4 miliar kali.



Simak Video "Rossa Bakal Gandeng Prilly Latuconsina Bikin Film Dokumenter "
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)