Klip Via Vallen Plagiat IU Dihapus, Pencipta Lagu Serukan Cintai Produk Lokal

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 25 Okt 2020 21:04 WIB
Via Vallen
Via Vallen Foto: Instagram @viavallen
Jakarta -

Via Vallen meminta maaf karena video musik miliknya untuk lagu Kasih Dengarkanlah Aku punya kemiripan yang identik dengan klip dari IU, bintang Kpop. Ia mengaku malu dan menghapus video tersebut.

Pernyataan juga disampaikan oleh Yuda Dadali, pencipta lagu tersebut. Ia mengaku kecewa video itu akhirnya diturunkan.

"Akhirnya video klip trending di takedown gua bingung mereka begitu militan bela artis luar negeri, miris banget, sedih, campur aduk, sudah mau tahun 2021 masih aja cinta produk luar," tulis Yuda Dadali di Instagram.

"Padahal gua yakin hanya segilintir aja yang ngerti bahasanya," ucapnya.

Yuda Dadali berharap netizen Indonesia bisa lebih menghargai karya dalam negeri.

"Semoga mereka cepat pintar dan kembali mencintai produk lokal #anakbaukencur #militan #micin #so #pintar," sambungnya.

Unggahan itu tentu langsung mendapatkan respons dari warganet. Mereka tidak setuju dengan pendapat Yuda Dadali.

Beberapa orang menyebut ini bukan masalah cinta produk dalam negeri atau tidak. Menurutnya mereka plagiat tetap tidak bisa dibenarkan.

"Via Vallen yang lebih terkenal aja minta maaf, karena memang posisi kalian salah. Situ musisi harus tau hukum dan pasal tentang musik dan copyright," komentar netizen.

Potongan Video Klip Via Vallen Kasih Dengarkanlah Aku yang Plagiat Konsep IUPotongan Video Klip Via Vallen Kasih Dengarkanlah Aku yang Plagiat Konsep IU Foto: Istimewa

"Ini bukan soal lokal atau luar. Anda minta didukung.? Benahi dulu jangan plagiat.! Sory ya saya hanya mendukung musisi Indonesia yang berkualitas punya karya yang original. Gak pantes kalo pencuri didukung.!!" timpal warganet lainnya.

Via Vallen Malu

Sebelumnya, Via Vallen tiba-tiba menjadi perhatian publik. Salah satu karyanya dituding hasil jiplakan dari salah satu bintang Kpop, IU.

Setelah mendapatkan banyak hujatan, Via Vallen langsung mengutarakan permintaan maafnya kepada banyak orang. Hal tersebut terlihat dalam Instagram Stories milik Via Vallen.

"Untuk IU, fans IU dan vyanisty juga pihak yang merasa dirugikan aku minta maaf soal MV terbaru aku yang ternyata memang muiriiiip sama dengan MV IU," buka Via Vallen dalam Instagram Stories miliknya.

Dalam kesempatan itu, Via Vallen sama sekali tidak mengetahui jika IU juga memakai konsep yang sama dengan konsep video klip dirinya.

"Ini sama sekali nggak ada unsur kesengajaan, karena aku bukan penggemar Kpop secara umum, jadi nggak banyak tahu soal MV K-Pop (kebanyakan MV K-Pop yang aku lihat Blackpink doang)," ungkap Via Vallen lagi.

Ia juga menambahkan jika dari awal dirinya tahu jika video klip miliknya sama persis dengan video klip milik IU, Via Vallen mengatakan akan minta ganti konsep.

"Kalau dari awal aku tahu bahwa MV Kasih Dengarkanlah Aku plek ketiplek sama dengan MV orang lain, sudah pasti 100% minta ganti konsep. Jujur aku malu banget pas tahu," imbuhnya.



Simak Video "Akui Video Klipnya Mirip Punya IU, Via Vallen: Aku Malu Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dar)