Wawancara Eksklusif

Berkaca Pada Coldplay, Armada Lebih Suka Menjajaki Anak Tangga

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 25 Okt 2020 21:26 WIB
Armada Band
Armada Band Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Bagi Armada, proses adalah salah satu hal yang penting dalam meniti karier. Oleh karena itu, kini mereka pun mencoba menikmati proses demi proses yang mereka lalui dalam karier mereka.

Band beranggotakan Rizal (vokal), Mai (gitar), dan Andit (drum) itu menganalogikan perjalanan karier mereka bagaikan tengah menjajaki anak tangga satu per satu.

"Gue sama anak-anak, melakukan sesuatu itu pengennya kayak naik anak tangga, biar berasa. Gue nggak mau naik lift. Dan biar lama juga kan turunnya kalau naik tangga. Kalau naik lift kan naiknya cepet, turunnya cepet," ujar Mai dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

Menurut mereka, bukan berarti perjalanan karier mereka mulus-mulus saja. Tentunya ada tantangan dan rintangan yang harus mereka lewati. Akan tetapi mereka memaknai segala suka-duka dalam perjalanan karier mereka sebagai sesuatu yang mendewasakan.

"Ya proses pendewasaan, ya kami pelan-pelan saja," jelas Mai.

Mai mencontohkan mereka belajar salah satunya dari Coldplay. Mereka melihat Coldplay adalah band yang merangkak naik namun setelah itu tidak pernah turun.

Coldplay juga dianggap Mai sebagai band yang mengganti warna bermusiknya secara perlahan. Menariknya, Mai melihat pendengar Coldplay tidak lantas melupakan lagu-lagu lama mereka meski lagu baru dari band asal Inggris itu memiliki warna musik yang berbeda dari yang lama.

"Kalau contoh tuh kayak Coldplay, Coldplay tuh pelan-pelan banget mengubah musiknya dari yang Fix You ke seperti album Ghost Stories, mereka nggak buru-buru. Gue tuh inginnya kayak gitu. Jadi orang tidak melupakan karya lamanya, kayak Fix You, The Scientist," cerita Mai.

Mai menjelaskan, saat ini Armada tengah menjalani proses itu secara perlahan-lahan di mulai dari hal yang kecil. Misalnya, ia menyebutkan, dimulai dari perbaikan dari segi kualitas.

"Lebih secara sound lebih diperhatiin, lebih mixing-mastering lebih diperhatiin, secara ide juga lebih luas influence-nya," tutur dia.

Armada merupakan band asal Palembang yang terbentuk sejak 2007. Mereka telah mengeluarkan sejumlah album di antaranya, Hal Terbesar (2009), Satu Hati Sejuta Cinta (2012), Pagi Pulang Pagi (2014), Maju Terus Pantang Mundur (2017), dan Dengerin Abang (2018.



Simak Video "Armada Bersyukur Video Klip Terbarunya Tembus 4 Juta Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)