Petra Sihombing Rilis Semenjak Internet Bersama Cinta Digital

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 23 Okt 2020 19:16 WIB
Petra Sihombing.
Petra Sihombing / Foto: Istimewa
Jakarta -

Petra Sihombing mengeluarkan album berjudul Semenjak Internet yang berisikan 12 lagu. Sebelumnya, lagu-lagu dalam album itu telah ia rilis satu per satu sebagai single di setiap bulannya.

Bersamaan dengan keluarnya album itu, Petra Sihombing juga merilis single berjudul Cinta Digital yang ditulisnya bersama David Bayu dari Naif.

Seperti judulnya, hampir seluruh lagu dalam album itu mengambil tema besar mengenai internet dan perkembangan teknologi. Ide tersebut datang ketika di tahun lalu, Petra Sihombing tengah menulis lagu Cerita Kita Milik Semua yang menjadi single pertama dari album itu.

"Pertengahan tahun lalu, setelah bertahun-tahun gue nggak nulis lagu, gue nulis Cerita Kita Milik Semua. Lagu itu membahas soal internet dan gue merasa kayak kok gue jadi ke sini nulisnya," ceritanya dalam konferensi pers virtual, Jumat (23/10/2020).

Dia menyambung, "Gue merasa kayaknya ini bisa jadi sesuatu yang bisa gue bahas panjang, tapi gue belum kepikiran bikin jadi tema besar."

Keyakinannya untuk membuat album yang memiliki internet dan teknologi sebagai tema besar muncul semakin kuat setelah ia menulis lagu kedua berjudul Biji di akhir 2019.

"Akhir tahun lalu, Biji itu membahas internet, gue kayak, 'Oh ke sini arahanya'," lanjutnya.

Ketika akhirnya menemukan tema untuk albumnya, Petra Sihombing dibantu oleh manajemennya langsung berpikir untuk membuat kolaborasi dengan musisi yang berbeda di tiap lagunya. Ia juga menyusun rencana untuk mengeluarkan satu single setiap bulannya.

Musisi pertama yang ia hubungi adalah Sal Priadi. Kebetulan saat itu Sal Priadi sedang membaca buku mengenai internet. Akhirnya keduanya membuat lagu Canggih bersama.

Akan tetapi selain Sal Priadi, total ada 10 musisi yang bekerja sama dengannya dalam penggarapan album Semenjak Internet. Petra Sihombing juga berkolaborasi dengan Sheryl Sheinafia, Danilla Riyadi, Teddy Adhitya, Baskara Putra atau Hindia, Pamungkas, Ben Sihombing, Tulus, Kunto Aji, dan David Bayu.

Hal itu yang menyebabkan lagu-lagu dalam album itu memiliki warna yang berbeda. Mengenai lagunya yang memiliki nuansa beragam, Petra Sihombing mengaku tidak keberatan.

"Karena gue suka sama 10 kolaboratornya yang sulit adalah gimana caranya tetap di situ, bukan gimana caranya biar ego gue kelihatan, jadi akhirnya gue harus mikirin gimana gue punya peran dan peran itu penting, gue-nya tetap di situ dan menyampaikan pesan yang ingin disampaikan bareng-bareng," tutur dia.

Mengenai single Cinta Digital, Petra Sihombing menjelaskan lagu itu berkisah tentang kisah cinta yang bermula dari perkenalan di dunia maya.

"Khusus lagu ini gue ngerasain sendiri karena teman gue ketemu sama jodohnya di online dan itu terjadi di saat yang bersamaan saat gue bikin lagu ini," ujar Petra.

Untuk merayakan perilisan album itu, Petra Sihombing mengadakan pertunjukan virtual bertajuk Semenjak Pandemi yang tayang pada 7 November 2020 pukul 20.00 WIB di kanal YouTube IM3 Ooredo secara gratis.



Simak Video "Selamat! Petra Sihombing Resmi Jadi Ayah"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)