Bernard Dinata Berbagi Cerita Penggarapan Lagu Untukmu Indonesia

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Minggu, 18 Okt 2020 17:20 WIB
Bernard Dinata
Bernard Dinata bicara soal lagunya yang viral. Foto: ist.
Jakarta -

Bernard Dinata bukanlah pendatang baru di belantika musik Indonesia. Beberapa single sudah dikeluarkannya sejak 2016. Kali ini single yang berjudul Untukmu Indonesia justru kembali viral dan banyak mendapatkan tanggapan positif.

Lewat rilis yang disampaikan, Bernard Dinata mengutarakan bagaimana proses penggarapan lagu tersebut.

"Ide lagu ini muncul setelah bicara dengan kedua orang tua. Saat itu saya sedang menyelesaikan semester terakhir saya di Amerika. Di saat Pandemi yang sedang melanda dunia, Amerika adalah salah satu negara yang terkena dampak sangat besar," buka mahasiswa Berklee College of Music tersebut.

Sendiri berada di negeri orang di saat Pandemi, membuat pria berusia 24 tahun itu ingin menyalurkan kebiasaannya di dunia tarik suara.

"Rasa kesepian yang melanda pada saat itu membuat saya rindu sekali untuk pulang dan bertemu dengan orang tua dan juga keluarga lainnya. Ingin sekali rasanya hati ini dapat berbuat sesuatu, berbagi rasa," jelasnya lagi.

Bermula dari menghubungi salah seorang teman yang kuliah di Amerika juga, Abram Lembono untuk membicarakan proyek lagu tersebut.

"Kebetulan Abram juga berasal dari Indonesia, saya akhirnya mengutarakan ide untuk membuat lagu dan video ini. Sebuah lagu video yang Indonesia mungkin belum pernah melihat sebelumnya," terangnya lagi.

Selama empat bulan, lagu tersebut akhirnya selesai dikerjakan. Proses pembuatannya juga dilakukan secara virtual. Ada beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari belahan dunia yang turut serta dalam video tersebut.

"Bernard Dinata (Indonesia), Abram (Indonesia), Emilia De Cola (Canada), Fraser Watt (Scotland), Mike Soto (Mexico), Liya (Bulgaria), Manica (Thailand), Adam Corneal (Trinidad & Tobago), Calvin Ives (Chicago, USA), Annamarie Rosanio (New York, USA), Lewloh (Singapore) dan Stephanie Pourgouri (Cyprus)," urai Bernard lagi.

Bernard sendiri tak menyangka hasil karyanya akan sampai viral dan diperbincangkan banyak orang.

[Gambas:Youtube]



"Kaget banget dan sama sekali nggak nyangka ya bakalan viral. Video ini dirilis dan ditayangkan di beberapa media beberapa bulan yang lalu dan saya pikir lagu ini sudah mencapai level di titik puncaknya, tetapi selang beberapa hari yang lalu ketika bangun tidur followers saya naik dan ternyata lagu saya ini sudah menjadi viral," terang Bernard.

Jika tak ada aral-melintang, Bernard Dinata sendiri akan meluncurkan album yang berisi 12 lagunya.



Simak Video "West Ham United Unggah Ampun Bang Jago, Tian-Ever: Nggak Nyangka!"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/doc)