Diskoria Daur Ulang Lagu Hetty Koes Endang Bersama Putrinya

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Sabtu, 17 Okt 2020 07:15 WIB
Diskoria
Foto: Diskoria
Jakarta -

Setelah mengeluarkan Balada Insan Muda dan Serenata Jiwa Lara, kini Diskoria mengeluarkan single ketiga. Berbeda dengan dua lagu sebelumnya yang merupakan lagu baru garapan LaleIlmanNino, kali ini mereka mendaur ulang lagu Pelangi Cinta yang sebelumnya dipopulerkan oleh Hetty Koes Endang.

Dalam Pelangi Cinta, duo selekta musik dan DJ, Merdi Leonardo dan Fadli Aat itu menggandeng Afifah Yusuf sebagai kolaborator. Menariknya, Afifah Yusuf merupakan putri dari Hetty Koes Endang.

"Selain Pelangi Cinta memiliki emotional touch untuk saya, secara melodi dan keseluruhan konsep lagu ini sangat sesuai dengan lagu perkenalan dari proyek kolaborasi bersama Diskoria," ujar Afifah Yusuf dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Selain berkolaborasi dengan Afifah Yusuf, Diskoria juga menggandeng Fariz RM dalam penggarapan video klip. Musisi Fariz RM memang terbilang memiliki hubungan yang dekat dengan Diskoria, beberapa kali mereka menggarap acara bertajuk Suara Disko bersama.

Diskoria tertarik mengajak Fariz RM karena mereka merasa penasaran tentang bagaimana hasil dari karya visual pelantun Barcelona itu. Sebab selama ini, orang-orang kebanyakan mengenal Fariz RM melalui karya musiknya.

Pada keterangannya, Diskoria mengatakan mereka mengganti sedikit dari lirik lagu Pelangi Cinta yang asli. Sebab mereka ingin menonjolkan sosok Afifah Yusuf sebagai penyanyi perempuan.

DiskoriaPelangi Cinta. Foto: dok. Diskoria

"Selama proses penggarapan, semua berjalan cukup natural. Sebuah kejutan yang menyenangkan adalah ketika take vocal lagu ini dihadiri oleh penyanyi aslinya langsung, Hetty Koes Endang, dan bisa dibilang tidak ada tekanan untuk perbedaan interpretasi akan lagu ini, yang akhirnya membuat kita jadi lebih percaya diri," beber Diskoria.

"Satu hal yang menarik lagi, ada sedikit penyesuaian lirik yang direkomendasikan oleh beliau, karena lagu aslinya dibuat berdasarkan sudut pandang pria, maka untuk versi yang dinyanyikan wanita, kami ubah sedikit susunan liriknya agar terdengar lebih feminin," cerita mereka.

Sebelum didaur ulang oleh Diskoria, Pelangi Cinta memiliki sejarah yang terbilang panjang. Lagu itu ditulis oleh A. Rianto dan dipopulerkan pertama kali oleh Jamal Mirdad pada 1981. Hetty Koes Endang baru membawakan ulang lagu itu pada tahun berikutnya.



Simak Video "Ucapan Kemerdekaan Para Musisi Indonesia di HUT ke-75 RI"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/ass)