Ify Alyssa Punya Pelita Lara untuk Dirinya

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 16 Okt 2020 18:22 WIB
Ify Alyssa
Foto: dok. Ify Alyssa
Jakarta -

Setelah mengeluarkan sejumlah single, Ify Alyssa akhirnya merilis album perdananya yang berjudul Pelita Lara. Dalam album itu terdapat 11 lagu bernuansa folk dan jazz yang ditulis olehnya.

Proses penggarapan album itu terbilang lama, yakni memakan waktu tiga tahun. Namun bagi Ify, dirinya menikmati proses tersebut dan membiarkannya mengalir.

Seperti judulnya, Ify Alyssa berharap Pelita Lara dapat menjadi teman bagi para pendengarnya. Pelita yang berarti penerang, diharapkan dapat membantu para pendengarnya untuk bangkit kembali apabila mengalami permasalahan.

"Semua mengalir begitu saja, seperti ide-ideku yang mengalir. Aku berharap lagu-laguku ini menjadi pelita bagi semua lara dan memberi ketenangan," tutur Ify dalam siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (16/10/2020).

"Nah, dari hati yang tenang, seseorang bisa bangkit, berpikir positif dan bahagia. Apalagi sekarang kita ada dalam suasana yang penuh kekhawatiran, kita harus sehat secara fisik dan mental," jelas Ify Alyssa lagi.

Menurut dia, tidak semua lagu-lagunya lahir dari pengalaman personal yang ia lalui. Ada pula lagu yang berangkat dari pengamatannya dan kisah orang-orang terdekatnya.

"Musik dan lirik laguku lahir dari rasa dan pengamatan terhadap orang-orang di sekitar, dari teman-teman, dan lain-lain. Tapi aku ingin mengemasnya menjadi sesuatu yang easy listening," ujar dia.

Album itu ia rampung di masa pandemi COVID-19. Ketika menggarapnya ia dibantu oleh Gerald Situmorang yang berperan sebagai produser.

Ketika menyelesaikan album ini, Ify Alyssa dan Gerald Situmorang mengalami proses penggarapan secara jarak jauh.

"Buat aku, sebagai produser, album ini cukup menantang. Apalagi sebagian lagu dirampungkan di era pandemik yang semuanya dikerjakan dan dikomunikasikan jarak jauh. Untungnya Ify adalah tipe musisi yang sejak kirim demo, sudah punya visi jelas dan detail orangnya," cerita Gerald.

Di akun Instagram-nya, Gerald Situmorang membagi cerita album itu digarap oleh Ify Alyssa dan dirinya sejak sebelum mereka berpacaran.

Gerald mengunggah screenshot dari percakapan mereka saat awal bekerja sama selain itu dia juga mengunggah video percakapan teleponnya dengan Ify. Pada kolom keterangan ia bercerita:

"7 Juli 2017, tiba-tiba ada yang WhatsApp mau bikin album dan akhirnya setelah tiga tahun penuh perjuangan dan dedikasi," tulis dia.

[Gambas:Instagram]



Berikut daftar lagu dari album Pelita Lara milik Ify Alyssa:

1. Kabar Baik
2. Far Away
3. Bermain Hujan
4. Wind
5. Seirama
6. Paper Kites
7. Dua Insan (feat. Adhitia Sofyan)
8. Sisa Hari
9. Gitar (feat. Gerald Situmorang)
10. What About Us?
11. Pelita Lara



Simak Video "Ayah Ify Alyssa Meninggal karena Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)