Wawancara Eksklusif

Bukan yang Utama, YouTube Jadi Tempat Senang-senang Enda Ungu

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 15 Okt 2020 07:30 WIB
Enda Ungu
Enda Ungu Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta -

Gitaris dari grup band Ungu, Franco Wellyjat Medjaya Kusumah alias Enda kini banyak menghabiskan waktu untuk membuat konten YouTube. Enda kerap mengunggah karya musiknya di YouTube.

Seperti yang diketahui, fenomena publik figur yang kini lebih memilih membagikan informasinya di YouTube sudah menjadi hal yang lazim. Lalu, apakah Enda tengah bersiap untuk bersaing dengan artis-artis lain di YouTube?

Kepada detikcom Enda mengaku tak merencanakan persaingan itu. Enda merasa santai dan hanya bersenang-senang dengan YouTube miliknya itu. Meski begitu YouTube milik Enda juga menjadi salah satu sumber pernghasilannya saat ini.

"(Saingan) Nggak sih. Kalau gua sih nyantai untuk itu. Karena kesenian itu ngalir begitu aja. YouTube itu berjalan begitu aja merupakan bagian dari seni gua. Karena nggak bisa dipaksakan juga, kalau dipaksakan orang akan bepikir ini setting-an atau apa," jelas Enda.

"Ya gua berpikir bahwa konten YouTube itu mengalir begitu aja gua juga nggak berlomba untuk mendapatkan subscriber atau apa. Ya gua seneng-seneng aja," sambungnya.

Lebih lanjut, Enda mengaku memang tengah menyiasati YouTube sebagai salah satu dari sumber pemasukkannya selain royalti.

Enda merasa nyaman bersama keluarga kecilnya membuat konten YouTube yang bisa dilakukan meski di rumah saja. Hal ini juga sebagai salah satu kegiatan Enda karena belum lagi mendapatkan tawaran manggung dengan Ungu.

"Kalau menyiasati lewat YouTube ya sudah pasti. Karena YouTube new income buat aku dan anak ku," ungkap Enda.

"Itu kan celah kita buat dapatin rezeki juga. Kan enak di rumah nggak kemana-mana. Orang juga di rumah nonton aja, nggak berkumpul. Ya tetep bisa jadi satu pilihan yang bagus buat orang yang bingung nggak manggung," sambungnya.

Meski begitu Enda menegaskan YouTube bukan menjadi mata pencaharian pokoknya saat ini. Baginya YouTube sebatas mengisi waktu luang saja.

Dalam keadaan yang cukup sulit imbas pandemi COVID-19 saat ini, Enda mengaku masih mengharapkan royalti dan aksi panggungnya sebagai mata pencaharian pokok.

"Nggak lah kalau pokok tetap dari manggung. Karena kan gua juga pencipta lagu ya royalti masih berjalan lah sampai sekarang alhamdulillah," jawab Enda.

"Nggak lah nggak jadi pencarian utama ya YouTube buat seneng-seneng aja lah. Kalau anak gua (Zara) iya, emang iya. Bekerja lah dengan sepenuh hati, ya rezeki biar Allah yang menentukan," tutupnya.



Simak Video "Enda Berniat Susul Pasha Berpolitik, Band Ungu Bakal Bubar?"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)