Lagunya Tak Laku, John Lennon Kirim Surat ke Ratu Elizabeth II

Asep Syaifullah - detikHot
Sabtu, 10 Okt 2020 16:32 WIB
John Lennon
Foto: Istimewa
Jakarta -

Legenda musik dunia John Lennon berulang tahun ke-80 pada Jumat (9/10) lalu. Baru-baru ini terungkap fakta mengejutkan soal surat yang pernah dikirimkannya pada Ratu Elizabeth.

Hal tersebut diceritakan oleh putranya, Sean, dalam sebuah wawancara bersama DJ Strombo. Ia mengisahkan jika sang ayah sangat kesal dengan pencapaian single solonya yakni Cold Turkey yang hanya bertengger di posisi ke-14 UK chart pada 1969.

Bahkan vokalis The Beatles itu sampai menyurati Ratu Elizabeth II karena kekesalannya tersebut. Ia berniat mengembalikan gelar kehormatan yang diterimanya dari nenek Pangeran Harry.

"Single tersebut tak berjalan baik dan dengan konyolnya ia mencoba untuk mengirimi surat pada Sang Ratu untuk mengembalikan gelar MBE.

Ia menuliskan,"Yang Mulia, aku ingin mengembalikan gelar MBE sebagai tanda protes untuk perang Vietnam dan protes atas hancurnya Cold Turkey di chart," ungkapnya.

Padahal gelar tersebut tak bisa dikembalikan, namun ia tetap bersikeras mengirimkan surat itu dan medali tersebut. John Lennon tak bisa menahan kekesalannya melihat lagu tersebut terus turun dari chart.

"Hal itu jauh lebih punk dibandingkan apa yang pernah musisi punk pernah lakukan," tutur Sean Ono.

Sean Ono pun paham kenapa lagu tersebut tak pernah jadi salah satu hits ayahnya itu. Ia merasa jika lagu tersebut sangat berat, dalam dan bercerita tentang narkoba sehingga sulit menjadi sebuah lagu yang komersial.

Pihak Istana Buckingham pun mengonfirmasi hal tersebut dan mengatakan jika John Lennon benar-benar mengirimkan medali yang diterimanya bersama anggota The Beatles lainnya pada 1965 lalu.

Tak hanya itu saja, John Lennon juga mengamuk hingga melemparkan barang-barang di rumahnya karena performa buruk lagu tersebut.

Cold Turkey merupakan lagu yang ditulis John Lennon tentang kisahnya usai memutuskan untuk berhenti dari kecanduan heroin. Lagu itu masuk dalam album Live Peace in Toronto 1969 yang dirisnya bersama Plastic Ono Band.

(ass/aay)