Home, Curhatan Rendy Pandugo Saat Rindu Rumah

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 09 Okt 2020 19:59 WIB
Rendy Pandugo
Foto: dok. Rendy Pandugo
Jakarta -

Apa makna rumah untukmu? Bagi Rendy Pandugo, rumah rupanya bukan hanya bangunan berupa tempat tinggal, melainkan juga perasaan nyaman dan pulang. Setidaknya itu yang ia gambarkan dalam single terbarunya yang bertajuk Home.

Setelah beristirahat selama beberapa waktu, Rendy Pandugo akhirnya kembali ke dunia musik dengan mengeluarkan lagu baru.

Lagu itu ditulis Rendy Pandugo pada 2018 di sela-sela perjalanan turnya. Saat itu, dirinya sulit untuk pulang ke rumah dan benar-benar melepas rindu dengan keluarganya.

"Home dibikin 2018 pada saat gue saat tur ke luar kota. Gue pulang sih tapi kayak cuman tempat singgah buat tidur aja, having quality time sama keluarga bener-bener satu hal priceless yang gue nggak bisa afford," ujar Rendy dalam konferensi pers virtual, Jumat (9/10/2020).

Pelantun Silver Rain itu kemudian menyambung, "Pada saat gue kangen rumah, akhirnya gue tulis lah."

Menurutnya, Home adalah lagu yang berangkat dari kisah personal yang dirasakan olehnya. Dirinya mengaku, setiap membuat lagu, ia memang mencoba menuangkan apa yang sedang ia rasakan saat itu.

"Cerita itu nggak harus lo make up gitu. Ketika based on true story, itu bisa lebih sincere, akan lebih berasa gitu," ucap dia.

Ketika ditanyai apa makna rumah baginya, Rendy Pandugo pun menjawab, "Rumah buat gue tuh satu hal yang memang selalu mengingatkan lo untuk dalam segala situasi, lo keinget rumah."

"Dimana lo tumbuh, dimana harapan-harapan lo tercipta. Misalnya lo bisa inget masa-masa kecil lo jaman dulu," sambung dia.

Kendati saat membuat lagu itu dirinya sulit untuk berada di rumah, di 2020 ini, ia mengaku lebih mensyukuri keberadaannya di rumah.

"Pada saat bikin lagu ini gue lagi ada di luar kota dan untuk pulang susah banget. 2020 just enjoy dengan family, dengan keluarga lo, yang mungkin quality time dengan keluarga lo kurang," ucap dia.

Home nantinya akan menjadi lagu pembuka bagi proyek musik Rendy Pandugo lainnya yang akan bermuara pada album. Album itu rencananya akan ia keluarkan pada 2021.

Dalam merilis single itu, Rendy Pandugo bekerja sama dengan Frank & Co yang tengah menggagas kampanye bernama In the Name of Love.

"Ingin balik karena memang mau balik, sudah saatnya kembali ke musik, ke habitat aslinya. Ingin pas balik mengeluarkan single baru, tapi ternyata dipertemukan lah dengan yang visi misinya sama," tutur dia.

(srs/aay)