Dari Cerita Album Lexicon hingga Mimpi Besar Isyana Terjawab di Sini

Faidah Umu Sofuroh - detikHot
Jumat, 09 Okt 2020 17:35 WIB
isyana sarasvati
Foto: istimewa
Jakarta -

Isyana Sarasvati mengatakan saat ini industri musik Indonesia sedang dalam keadaan terbaiknya. Meski berada di tengah pandemi, tepi semua musisi tetap bisa mengeluarkan karya kapan pun dan di mana pun.

"Menurut aku sekarang industri musik Indonesia lagi baik-baiknya ya, karena sekarang semua orang bisa mengeluarkan karya kapan pun di mana pun. Aksesnya juga sudah jauh lebih mudah. Terus juga aku ngerasa musisi-musisi Indonesia sudah mulai berani judges them self. Jadi seneng banget," ungkap Isyana dalam acara YouTube bertajuk Ngobrol Sore Semaunya (NSS) yang dipandu oleh Putri Tanjung.

Berbicara soal karya, hampir setahun sudah album ketiga Isyana, Lexicon, meramaikan industri musik Tanah Air. Hadir dengan karya yang sangat berbeda dari dua album pertamanya, Isyana mengaku album yang sangat menggambarkan dirinya ini merupakan buah dari pendewasaan yang ia alami.

"Kenapa album ketiga yang paling jujur karena gini, pendewasaan itu yang bikin aku lebih terbuka, aku jadi lebih bisa mengekspresikan diri aku seutuhnya. Contohnya aja Lexicon, nggak tau kenapa walaupun streaming-nya jauh lebih rendah dari pada kesatu dan dua, tapi lagi-lagi karena aku merasa this is me, aku jadi nggak ada pressure dan tekanan yang berlebih," ungkapnya.

Namun, lantaran terbentur pandemi, rencana Isyana untuk mengadakan tur album Lexicon keliling Indonesia pun harus tertunda. Padahal, selain karena merindukan konser, menurut Isyana lagu-lagu yang ada di album Lexicon ini akan makin asyik dinikmati saat ditampilkan secara langsung.

"Sebenarnya di album Lexicon ini pengen aku bawa tur keliling Indonesia, dan ini kan sesuatu yang baru buat pendengar aku, dan hal yang paling menjual di album ini kan sebenarnya performance-nya, live performance-nya, experience saat mereka melihat live itu akan berbeda saat mereka hanya mendengar musiknya doang," ujar dia.

Ia juga berujar jika pandemi ini berakhir, ada banyak sekali kota tujuan tur yang ingin ia kunjungi. Beberapa kota tersebut antara lain Bandung, Bali, Yogyakarta, Malang, Semarang, Medan, Padang, hingga Makassar.

"Bandung dong pasti karena kota kelahiran, pasti pengen ke Bandung. Terus Bali, Yogyakarta, Malang, Semarang, Medan, Padang, Makassar, wah semua deh,"tuturnya.

Dari perbincangan Isyana dan Putri Tanjung, terlihat bahwa Isyana menaruh jiwa dia yang sesungguhnya dalam album ini. Ia juga mengatakan kalau ia selalu memegang teguh value dalam berkarya yakni berkarya secara jujur.

"Selain berkarya secara jujur, kalau aku sebagai pelaku seni harus nyaman dengan karyanya karena itu penting. Saat kita harus menggaungkan suatu karya tapi dengan setengah hati itu berat si," ucapnya.

Isyana juga memiliki mimpi besar jauh sebelum ia masuk ke dunia entertainment yaitu memiliki sebuah music center. Di dalam music center itu ia ingin mendirikan music label, music production, music studio, hingga music school.

"Aku pengen bikin music center itu adalah mimpi aku dari sebelum aku terjun ke dunia entertainment ya, karena memang aku pengen sharing apa yang sudah aku dapat dari dulu," tukasnya.

Selain bicara soal album Lexicon dan mimpi Isyana, ada juga fun fact soal Isyana yang dikupas oleh Putri Tanjung dalam acara ini. Mau tahu kelanjutannya? Kamu bisa tonton di acara NSS Ep.7 - Isyana Sarasvati: Proses Pendewasaan Bermusik dan Mimpi Besar Isyana yang disiarkan oleh CXO Media bekerja sama dengan Citilink.

[Gambas:Youtube]



(ega/ega)