Ditanya Derry Sulaiman soal Salat, Agung Burgerkill: Alhamdulillah

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 30 Sep 2020 17:23 WIB
Burgerkill
Foto: Istimewa. dok. Burgerkill
Jakarta -

Perbedaan pendapat mengenai halal atau haramnya hukum musik dalam ajaran Islam kerap menimbulkan perdebatan. Oleh karena itu Ustaz Derry Sulaiman mencoba membahasnya.

Lewat kanal YouTube-nya yang bernama Derry Sulaiman and Sahabat, ustaz yang kerap mengenakan sorban dan gamis itu berbincang dengan Agung Hellfrog yang dikenal sebagai gitaris Burgerkill.

Selain bersama Agung Hellfrog, pada kesempatan itu hadir pula sejumlah musisi cadas asal lainnya. Dilihat detikcom pada Rabu(30/9/2020), Derry Sulaiman mengatakan perbincangan itu bertempat di Bandung, Jawa Barat.

Dalam video itu, Derry Sulaiman beserta Agung Hellfrog dan musisi lainnya berbincang santai mengenai pentingnya menjalankan salat lima waktu.

Pada perbincangan itu, Agung bercerita titik balik dirinya hingga mendalami agama dan menjalankan ibadah salat lima waktu secara taat. Ia mengenang, saat itu, dia berniat berubah karena pertanyaan dari ibunya.

"Yang paling berkesan buat saya, kalau trigger itu waktu itu jadi saya sempat ngobrol sama Ibu, Ibu nanya panjang lebar, gimana band," buka Agung.

"Setelah ngobrol. komentarnya cuman satu, 'Ini berarti tinggal dari diri kamu sendiri, tolong dijaga salatnya, siapa yang ngasih semua ini'," cerita Agung lagi.

Pertanyaan dari sang ibunda rupanya mengubah diri Agung. Sejak itu dirinya berupaya untuk menjalankan salat lima waktu tanpa bolong.

[Gambas:Youtube]



Dalam percakapan itu, Derry Sulaiman juga menyinggung mengenai hukum musik dalam agama islam. Baginya, belajar agama tidaklah bisa langsung loncat.

Sebelum mempertanyakan hukum musik, ada baiknya memperbaiki salat lebih dahulu.

"Dari pada ngomongin musik halal (atau) haram, mendingan kita ngomongin benerin salat deh. Kalau salatmu sudah awal waktu, di masjid, baru kita ngomongin musik. Belajar agama jangan loncat-loncat," pesan Derry.

Agung pun kemudian mensyukuri para personel bandnya yang taat menjalankan perintah agama sehingga dirinya merasa satu visi.

"Tapi alhamdulillah, anak-anak Burgerkill ya alhamdulillah (salat)," kata dia.



Simak Video "Istri Ustaz Derry Sulaiman Dianiaya Kernet Bus Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)