Burgerkill Mengenang Ivan Scumbag dalam Killchestra

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 19 Agu 2020 10:48 WIB
Burgerkill
Burgerkill. Foto: Istimewa. dok. Burgerkill
Jakarta -

Burgerkill merilis mini album Killchestra dalam format cakram padat atau compact disc (CD). Sebelumnya album berisikan enam lagu itu telah keluar dalam format piringan hitam.

Dalam album itu, Burgerkill mengaransemen enam lagu yang mereka pilih dari album pertama hingga keempat dengan sentuhan orkestra.

Enam lagu tersebut antara lain Anjing Tanah, Penjara Batin, An Elegy, Only the Strong, Angkuh dan Tiga Titik Hitam.

Dalam lagu Tiga Titik Hitam versi baru terdapat rekaman suara Fadly Padi yang tengah membacakan doa untuk mendiang Ivan Scumbag, personel Burgerkill yang telah meninggal dunia.

Menurut Eben, hal itu merupakan cara Burgerkill untung mengenang sekaligus memberi penghargaan bagi Ivan Scumbag.

"Idenya sih sebenarnya dadakan, spontan. Jujur saja mengaransemen (ulang) lagu sendiri ada challenge-nya, apalagi kalau pesennya sudah kuat di hati pendengar. Akhirnya kami coba ajak Fadly, kami kirim doa saja lewat lagu ini," ungkap Eben dalam konferensi pers virtual.

"Biar yang mendengarkan lagu ini bisa mengamini. Ini kado dari Burgerkill untuk almarhum," tambah dia.

Tidak hanya itu, Burgerkill juga mengenang Ivan Scumbag dengan merekam ulang lagu-lagu yang pernah ditulis Ivan di album-album awal milik Burgerkill.

Menurut Vicky Mono, membawakan ulang lagu yang sebelumnya digarap oleh mendiang Ivan bukanlah perkara mudah. Baginya hal itu justru menjadi tantangan terbesar baginya dalam penggarapan album tersebut.

"Ini album tersulit menurut gue, ketika masuk studio recording memang beda aja, lagu-lagu ini mewakili rasanya manggung. Karena rasa itu, saya harus menyelami periode masa-masanya almarhum," ujar Vicky.

Untuk memunculkan rasa dalam lagu, Vicky Mono bercerita, ia mencoba menyelami apa yang tengah dirasakan mendiang Ivan ketika menulis lagu-lagu tersebut.

"Saat itu, yang saya cari adalah rasa ketika almarhum menulis Anjing Tanah, Penjara Batin itu seperti apa. Ketika almarhum menulis ya itu lagunya almarhum," cerita dia.

Ivan Scumbag atau Ivan Firmansyah meninggal dunia di Bandung pada 27 Juli 2006 silam karena sakit. Saat itu mendiang berusia 28 tahun.

Semasa hidupnya, ia terlibat dalam album Dua Sisi (2000), Berkarat (2003), dan Beyond Coma and Despair (2006) dari Burgerkill.

Killchestra direkam di Praha, Ceko dengan melibatkan 60 pemain. Dalam penggarapannya, Burgerkill dibantu oleh Alvin Watarsa.



Simak Video "Gokil! Ini Momen Saat Jokowi Beli Kaos Tur Eropa Burgerkill"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)