Kanye West Berikan Setengah Kepemilikan Musik ke Artis di Labelnya

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 24 Sep 2020 11:55 WIB
NEW YORK, NEW YORK - DECEMBER 03:  Kanye West attends the opening night of the new musical The Cher Show on Broadway at Neil Simon Theatre on December 03, 2018 in New York City. (Photo by Dominik Bindl/Getty Images)
Kanye West. Foto: Getty Images
Jakarta -

Setelah menggerutu mengenai kepemilikan musik yang ia anggap merugikan bagi artis, Kanye West mengambil langkah dengan membagi separuh dari hak kepemilikan karya rekaman (master) dengan artis yang menciptakan karya tersebut yang bernaung di labelnya, G.O.O.D. Music.

Hal itu dia ungkapkan melalui sebuah kicauan di akun Twitter miliknya. Kanye West menuliskan,"Aku memberikan semua artis yang tergabung dalam Good Music 50% dari kepemilikan master yang aku miliki."



Dirinya kemudian mengunggah percakapan melalui pesan singkat antara dirinya dan Elon Musk. Dalam percakapan itu, Elon Musk mendukung apa yang dilakukan oleh Kanye West.

"Aku tidak berpikir kontrak itu juga baik, kontrak itu dilakukan oleh pengacara yang sama," tulis Kanye West pada Elon Musk.

Lalu Elon Musk menjawab, "Kamu akan menggantinya? Itu akan menjadi sesuatu yang kuat."

"Aku akan menggantinya sekarang," jawab Kanye West lagi.



Rapper Desiigner yang merupakan salah satu artis yang tergabung dalam G.O.O.D. Music mengucapkan rasa terima kasihnya pada Kanye West di Twitter. "Thanks," tulis dia.

Desiigner memang merilis Panda (2015) di bawah label yang didirikan Kanye West itu. Lagunya juga menjadi sample dalam album The Life of Pablo (2016) dari Kanye West.



Sebelumnya, Kanye West mengungkapkan ketidakpuasannya pada industri musik baru-baru ini. Protes tersebut dilayangkan beberapa kali olehnya hingga puncaknya, dia mengunggah video tengah mengencingi piala Grammy.

"Seniman berhak untuk memiliki master (dari lagu) kami," tulis Kanye beberapa saat sebelum mengunggah video piala Grammy yang kontroversial itu.

"Seniman bisa kelaparan tanpa tur. Berikan kami master (lagu) kami, untuk semua seniman, doakan aku," sambungnya.

Dalam kicauan lainnya, dia menuliskan, "Ketika kamu menandatangani kontrak musik, kamu sekaligus menandatangani hilangnya hakmu."

Pria kelahiran 8 Juni 1977 juga mengatakan, "Tanpa master kamu tidak bisa melakukan apapun pada musik yang kamu buat. Orang lain yang mengendalikan di mana itu dimainkan dan kapan itu dimainkan."



Simak Video "Cara Kanye West Sejahterakan Pemusik dan Pencipta Lagu"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)