Drive-In Concert Pertama di Yogyakarta Hadirkan Kotak dan Jikustik

Jauh Hari Wawan S - detikHot
Minggu, 20 Sep 2020 21:05 WIB
Kotak merilis lagu baru berjudul Hoax.
Kotak isi drive-in concert Yogyakarta. (Foto: dok. Kotak)
Sleman -

Untuk pertama kalinya di Yogyakarta, Sleman City Hall bersama Mahkota Enterprise, MadFlash, serta Puma Production menggelar Drive-In Concert. Konser menghadirkan dua band kenamaan Tanah Air, Kotak dan Jikustik, digelar selama dua hari yaitu Sabtu (19/9) dan Minggu (20/9/2020).

Konser yang diselenggarakan di area parkir Sleman City Hall ini telah dibuka dengan penampilan Kotak. Hari ini, giliran Jikustik yang akan tampil mengobati kerinduan masyarakat akan hadirnya konser.

Umumnya konser dimeriahkan oleh tepuk tangan para penonton. Namun dalam konser ini, para penonton antusias membunyikan klakson bersaut-sautan hingga membuat suasana malam konser semakin meriah.

Public Relations SCH Tika Sari menjelaskan Drive-In Concert merupakan sebuah pertunjukan musik dengan konsep yang unik serta berbeda dengan konsep pertunjukan musik pada umunya. Penonton konser menggunakan sistem drive-in yang berarti mengendarai mobil.

"Konsep ini menjaga keamanan dan rasa nyaman setiap penonton untuk tetap bisa menonton konser di dalam mobil," kata Tika dalam keterangannya, Minggu (20/9/2020).

"Drive-in concert merupakan konser yang menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak (physical distancing) di tengah pandemi COVID-19. Melalui konsep ini mobil digunakan sebagai sarana media untuk menonton tentunya," tambahnya.

Tika menjelaskan, drive-in merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh sektor hiburan. Konsep drive-in concert ini hadir untuk menjawab dorongan dari pemerintah agar kembali menghidupkan industri event dan pariwisata.

Pasalnya, selama 6 bulan terakhir pekerja seni di Yogyakarta terdampak karena dibatasinya pertunjukan seni.

"Saat ini siapa sih yang tidak rindu untuk menonton konser? Di tengah pandemi seperti ini, Sleman City Hall berinovasi kembali dengan menghadirkan Drive-In Concert. Menjalankan protokol kesehatan merupakan hal yang sangat diutamakan termasuk pada Drive-In Concert kali ini," paparnya.

Lebih lanjut, setiap mobil yang berada di area konser dibatasi. Maksimal 150 mobil dengan tetap menjalankan physical distancing antar mobil, serta satu mobil maksimal terdapat 4 orang di dalamnya.

drive-in concertdrive-in concert di Sleman. Foto: dok Sleman City Hall

Sebelum memasuki area konser, setiap penonton akan melalui beberapa pemeriksaan terlebih dahulu. Mulai dari penyemprotan disinfektan mobil, pengecekan suhu tubuh, pemakaian hand sanitizer dan penggunaan masker tentunya.

"Pengunjung yang tidak menggunakan masker atau memiliki suhu badan lebih dari 37,3°C tidak diperbolehkan masuk ke area konser. Saat konser berlangsung penonton harus tetap berada di dalam mobil sehingga physical distancing tetap terjaga," terangnya.

"Bila ada urgensi yang mengaruskan penonton turun mobil seperti ke kamar kecil, penonton cukup menghidupkan lampu hazard mobil sebagai tanda untuk mendapatkan arahan dari petugas," paparnya.

Kendati berada di dalam mobil penonton dapat melihat dengan jelas dan mendengar setiap alunan musiknya. Karena konser sudah difasilitasi layar LED yang cukup besar dan juga teknologi audio output yang menggunakan frekuensi radio.

"Harapannya dengan diadakannya Drive-In Concert kali ini bisa menjadikan semangat bagi para sektor hiburan untuk terus dapat berinovasi dalam membuat karya serta dapat menjadi percontohan event kreatif di panggung hiburan dalam situasi pandemi yang menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.



Simak Video "Eksklusif! Kotak Bercerita Mengenai Manusia Manusiawi"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/mau)