Main Stage

Tantri dan Chua Kenang Lagi Perjalanan Kotak

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 21 Agu 2020 14:37 WIB
Tantri dan Chua Kotak
Tantri dan Chua cerita soal perjalanannya di Kotak. Foto: Dikhy Sastra
Jakarta -

Tahun ini, Kotak telah menginjak usia 16 tahun. Umur yang cukup panjang bagi sebuah band.

Selama perjalanannya, Kotak telah mengalami naik-turun dan pergantian personel hingga kini, band itu berformasikan Tantri (vokal), Chua (bass), dan Cella (gitar).

Saat berkunjung ke kantor detikcom baru-baru ini, dua personel Kotak, yaitu Tantri dan Chua mengenang kembali perjalanan karier dari band yang telah membesarkan nama mereka itu.

"Marah-marah bersama, menangis bersama. Kotak tuh dari tunjuk-tunjukan pernah, peluk-pelukan pernah, hajar-hajaran kepala sama gitar juga pernah, sampai Umroh bareng juga pernah," kenang Chua.

Keduanya bercerita, Kotak pada awalnya terbentuk pada 2004 melalui ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi Swasta.

Saat terbentuk, Tantri dan Chua sama-sama belum bergabung dengan Kotak. Tantri baru bergabung pada 2007 menggantikan Pare yang sebelumnya mengisi posisi vokalis.

"Awal mulanya saya memang ngefans sama Kotak. Intinya 2007 saya gabung di Kotak, 2008 kami menelurkan album Kotak Kedua, 2009 kotak bergabung dengan Warner (label yang menaungi Kotak hingga kini)," cerita Tantri.

Saat Tantri bergabung, formasi Kotak, selain dirinya, masih diperkuat oleh Cella, Icez (bass) dan Posan (drum).

"Kalau gue kan merasakan proses audisi, jadi Kotak tuh mencari seorang penyanyi ceritanya, tapi gue udah dipinang," ujar Tantri,

Tantri masih mengingat dirinya sempat merasa gugup pada awal bergabung dengan Kotak. "Pasti degdeggan, karena gue suka lagu-lagu pas eranya Pare," kisahnya.

Barulah saat merekam lagu Masih Cinta, Chua bergabung dengan Kotak sebagai basisst menggantikan Icez.

Sepanjang perjalanan kariernya, Tantri dan Chua mengatakan Kotak banyak berproses dan mendewasakan diri. Apabila dahulu masing-masing personel masih mementingkan ego masing-masing, kini mereka mengaku lebih bisa berkompromi.

"Pola pikir mungkin, dulu egoismenya tinggi banget. Dulu tuh, 'Gue, gue, gue'. Kalau sekarang 'Kita tuh'," jelas Tantri.

Tantri dan Chua KotakTantri dan Chua Kotak Foto: Dikhy Sastra

"Kalau gue ngelihat kotak yang sekarang bukan, 'Gue mau cabut ah', tapi 'Kalau gue mau cabut, gimana yang lain'. Lebih ke, 'Yuk kita mikir Kotak ini gimana. Jadi lebih baik berkomunikasi," sambung Tantri.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Chua. Dia mengatakan sekarang Kotak lebih bisa terbuka pada satu sama lain dan dewasa dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dalam band.

"Mungkin kalau dulu-dulu banyakan yang mendem. Jadinya kita melihat seseorang atau sesuatu jadi kayak sudah nggak suka aja karena mendem itu. Sekarang kami belajar dari itu, kalau ada apa-apa kami omongin," ungkap Chua.



Simak Video "Kotak Ajak Netizen Lawan Hoax Lewat Lagu Barunya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)