Bertahan di Masa Pandemi dengan Lagu

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 16 Sep 2020 19:27 WIB
Kunto Aji launching single baru Konon Katanya di kawasan Kemang.
Kunto Aji. Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Masa-masa pandemi COVID-19 menjadi saat yang berat bagi hampir seluruh orang. Akan tetapi, masa tersebut bukan berarti mustahil untuk dilalui.

Musik pun dipercaya merupakan salah satu hal yang bisa mengembalikan semangat ketika tengah merasa terpuruk.

Musisi Kunto Aji bersama praktisi mindfulness, Adjie Santosoputro, dan layanan streaming musik JOOX mengajak sejumlah para penggemar musik untuk melepaskan segala perasaan mengganjal yang mereka rasakan masa pandemi lewat kampanye bertemakan #KataHati.

Kunto Aji percaya bahwa musik memiliki getaran tersendiri yang dapat menjadi penggerak dan memiliki pengaruh bagi suasana hati seseorang.

"Semua orang mungkin merasakan tidak enaknya (pandemi), merasakan dampaknya juga. Bagaimana pun kita bisa release rasa stress-nya itu dengan menenangkan diri sendiri. Saya sebagai musikus, saya buat lagu, saya sebagai pendengar musik, saya juga menggunakan lagu (untuk melepas penat)," ujar Kunto Aji dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/9/2020).

"Musik itu bisa menjadi katarsis, makanya saya sebagai penulis mencoba untuk menulis lirik-lirik yang pada akhirnya menggugah pendengar saya mencari jawaban apa yang sedang dia rasakan," jelas Kunto Aji lagi.

Menurut Kunto Aji, ada banyak elemen dari musik yang dapat menjadi penggerak seseorang, termasuk untuk membantu mengurai rasa stress yang menumpuk selama pandemi berlangsung.

"Dimensinya itu sangat luas sekali, dari aransemen, alat musik, frekuensi itu memang membantu tubuh kita untuk lebih rileks, lebih semangat, pengaruhnya besar sekali," ungkap dia lagi.

Adjie Santosoputro juga menjelaskan bahwa mindfulness dapat dilatih salah satunya dengan musik. Caranya adalah dengan mencoba mendengarkan dan menikmati musik yang sebelumnya tidak pernah didengarkan.

"Kita perlu keluar dari pola dengerin kita, tapi untuk memilih dan memilah mana yang harus kita dengerin. Cari jeda, tarik napas, coba dengerin musik secara utuh, nggak cuman yang ingin didengerin," katanya.

Sebagai layanan pemutar musik, JOOX membuat sejumlah playlist #KataHati dalam berbagai tema sesuai dengan suasana hati pendengar. Playlist itu dimaksudkan untuk menemani para pandengar musik melalui masa-masa sulit di saat pandemi.

"Playlist tersebut terdiri dari Kata Hati Cinta, Kata Hati Rindu, Kata Hati Sedih hingga Kata Hati Ambyar," ujar Yuanita Agata selaku Head of Marketing & Communications JOOX Indonesia.

Selain playlist, Yuanita juga menjelaskan ada sejumlah layanan JOOX yang dapat digunakan untuk melepaskan perasaan lewat lagu, di antaranya karaoke, quick sing, share lyrics, comment, dan live. Semuanya dapat dinikmati oleh seluruh pengguna baik yang gratis maupun berlangganan.



Simak Video "Komentar Fiersa Besari-Kunto Aji soal Bentak-bentak Maba Ospek Unesa"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/ass)