Wawancara Eksklusif

Pingkan Mambo: Kariernya Drop hingga Terpikir Ingin Bunuh Diri

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 16 Sep 2020 15:48 WIB
Pinkan Mambo saat ditemui di studio Trans TV.
Pinkan Mambo. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Siapa yang tak kenal dengan penyanyi Pinkan Mambo? Namanya mulai terdengar lagi ke publik lantaran pengakuannya yang berjuang hidup dengan menjual pisang goreng dan hampir bunuh diri.

Namun jika diingat lagi, Pinkan dahulu dikenal melalui aksi panggungnya sebagai penyanyi latar grup band DEWA 19 pada awal kariernya di dunia musik.

Pada 2002 Pinkan pun akhirnya membentuk grup duo bersama Maia Estianty dengan nama Ratu. Kariernya kemudian melejit lantaran Pinkan memiliki suara yang khas dan menarik bagi publik.

Lalu pada 2004 Pinkan memutuskan untuk keluar dari Ratu dan mengawali solo kariernya. Lagu pertama yang dibawakan Pinkan saat solo kariernya adalah Cinta Takkan Usai yang diciptakan mendiang Glenn Fredly. Pada 2006 Pinkan pun berhasil meluncurkan albumnya bertajuk, Aku Tahu Rasanya.

Setelah bertahun-tahun bergelut di dunia musik, Pinkan Mambo pun memiliki cita-cita untuk go internasional. Kemudian langkahnya pun kian memanjang melalui lagu Kasmaran yang juga terkenal di Singapura dan Malaysia.

Setelah beberapa tahun bergelut di dunia musik, Pinkan akhirnya memilih untuk tinggal di Amerika Serikat bersama suami dan anak-anaknya. Sekembalinya ia ke Indonesia, Pinkan dan suami mulai drop dan kehilangan pekerjaan.

Setelah mengisi acara 'Rumpi No Secret' Trans TV.Setelah mengisi acara 'Rumpi No Secret' Trans TV. Foto: Noel

Pinkan dan suami mengaku tak mendapat pekerjaan dan mulai krisis ekonomi. Pinkan berjuan hidup tanpa pekerjaan dengan anak-anaknya dan kondisi kemesraan dengan suami yang mulai pudar.

Dalam keadaan ini Pinkan sempat drop dan hendak mengakhiri hidupnya. Pinkan juga sudah memotong habis rambutnya karena sudah tak dapat berpikir logis. Dari kejadian itu Pinkan pun akhirnya kembali bangkit dan menjelaskan semuanya kepada detikcom.

"(Yang membuat bangkit lagi) Ya jangan bego. Karena hidup kita kan nggak ada yang mau tau. Biar pun suami juga suami ya orang lain," ujar Pinkan Mambo.

"Anak juga saat itu aku pikirin kalau aku mati anak sama siapa. Nanti anak aku susah. Kan aku juga nggak tega kan aku kalau nggak ada anak mungkin aku udah mati dari kemarin-kemarin. Terus aku mikirin anak. Aku juga mikirin diri aku sendiri," lanjutnya.

Pinkan mengaku pernah ditipu oleh seseorang dan dihina. Hal ini sempat membuat Pinkan semakin drop dan merasa tak berguna.

Pinkan Mambo hamil 6 bulan.Pinkan Mambo. Foto: Akew

"Tapi karena orang, aku pernah dikatain goblok, orang miskin, jelek, makanya aku sempat down. Jadi aku sempat down karena yang jahat itu yang ambil uang aku. Dan abis itu aku habis lagi ya udah aku digoblokin selama ini," sambungnya.

Dijelaskan Pinkan Mambo saat itu dirinya sudah sangat drop sehingga berpikir untuk mengakhiri hidupnya saja.

Suami dan anak-anaknya disebut sangat mengasihaninya. Namun ia tegaskan lagi, saat itu keadaan rumah tangganya dengan suami sedang diujung tanduk.

"Pokoknya kusut banget udah mau mati aja rasanya," jelas Pinkan.

"(Anak) Sedih melihat mamanya botakin rambut. Sedih mereka semua sedih. Kita semua sedih. (Suami) Sedih cuma kan waktu itu kita berantem. Hampir cerai. Jadinya kan suami juga kesel gitu. Masih serumah tapi nggak cocok lah," tutup Pinkan.

Jika Anda memiliki pemikiran bunuh diri, jangan ragu untuk segera hubungi psikolog dan psikiater terdekat. Kunjungi laman www.intothelightid.org/cari sebagai laman yang didedikasikan untuk mencari layanan kesehatan mental terdekat. Laman pertolongan pertama bagi orang dengan pemikiran bunuh diri juga dapat dibaca di www.intothelightid.org/tolong.



Simak Video "Curhat Pinkan Mambo Pernah Jatuh Miskin dan Nyaris Bunuh Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)