The Panturas dan .Feast Tampil Sepanggung Secara Virtual

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 27 Agu 2020 14:36 WIB
The Panturas, .Feast, Soundstream
.Feast dalam Soundstream. Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Beberapa waktu yang lalu, The Panturas dan .Feast merilis lagu kolaborasi berjudul Gelora. Lagu itu dirilis dalam rangka merayakan SEA Games 2019 yang berlangsung di Manila, Filipina.

Hanya saja Gelora baru sempat satu kali dibawakan secara langsung. Pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia dan membuat pertunjukan musik langsung terhenti sejenak. Lagu Gelora yang diciptakan dengan maksud menjadi lagu bagi suporter olah raga itu pun belum sempat dibawakan lagi di atas panggung.

Akan tetapi, akhir pekan ini, tepatnya pada Sabtu, 29 Agustus 2020 penampilan The Panturas dan .Feast membawakan Gelora dapat disaksikan dalam konser virtual Soundstream episode ketiga.

".Feast dan The Panturas pernah mengeluarkan satu single dengan judul gelora yang dirilis untuk event SEA Games di Manila. Dari kami, akhirnya .Feast dan The Panturas (terpikir), 'Kita harus bikin lagu bareng nih untuk dinyanyikan suporter di stadion'," cerita Kukuh Rizal Afrianto selaku Creative Director dari Soundstream 2020.

"Dari dibikin, mereka baru bisa sekali menyanyikan secara live. Akhirnya kepikiran salah satu highlightnya adalah lagu itu," sambung dia.

Tidak hanya tampil berdua, Soundstream edisi ketiga juga akan turut dimeriahkan oleh Rian Ekky Pradipta dari D'MASIV dan Iga Massardi dari Barasuara sebagai kolaborator.

Selain karena The Panturas dan .Feast memiliki karya bersama, Kukuh juga mengatakan dia dan timnya memiliki alasan lain di balik terpilihnya kedua band tersebut sebagai pengisi acara.

"Di episode kali ini kami kepikiran untuk ajak .Feast dan The Panturas sebenarnya karena .Feast dan The Panturas itu lagi emerging, karya-karyanya lagi disukai banyak orang, diperbincangkan banyak orang," jelas dia.

The Panturas, .Feast, SoundstreamThe Panturas. Foto: dok. Istimewa

Sedangkan baik .Feast maupun The Panturas sama-sama mengaku tertarik untuk tampil bersama sebab mereka telah cukup lama saling mengenal satu sama lain. Terlebih, secara historis, kedua band itu memiliki kisah yang nyaris sama sehingga mereka bisa terbentuk.

Keduanya sama-sama band yang terbentuk di kampus. Bedanya .Feast terbentuk pada 2012 di Universitas Indonesia. Sedangkan The Panturas terbentuk di Universitas Padjadjaran pada 2015.

"Kami dari kampus juga, kebetulan awalnya kami sama-sama mulai dari kampus, dan ke komunitas-komunitas, baru bisa seperti sekarang," kata Fadli Fikriawan alias Awan, bassist dari .Feast.

Kembali tampil setelah sekian lama tidak manggung selama pandemi, Awan mengaku awalnya dia merasa gugup.

"Karena pertama kali lagi akhirnya kami main, rasanya ada deg-degannya sih. Kami sudah lama nggak megang alat, akhirnya main bareng lagi dan di set yang proper seperti di panggung, bukan di studio," kata Awan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Adnan yang merupakan gitaris dari .Feast. "Terakhir manggung kami tuh Maret (2020) sebelum PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Setelah itu nggak ada apa-apa. Pas pertama kali ditawarin, sama The Panturas juga sama teman-teman kami, kami langsung mau karena kami sudah sering juga ketemu The Panturas," tambahnya.

Untuk menonton Soundstream tiket dibanderol seharga Rp 45 Ribu dan dapat dibeli melalui Loket.com dan GoTix. Episode ketiga dari Soundstream akan ditayangkan pada Sabtu, 29 Agustus 2020, mulai pukul 21.00 WIB.



Simak Video "Rizky Febian-Fourtwnty Rayakan 17 Agustusan di Konser Virtual"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)