Maliq & D'Essentials Keluarkan Lagu Hasil Karantina dalam Raya

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 17 Agu 2020 18:24 WIB
Maliq & DEssentials
Maliq & D'Essentials rilis lagu baru. (Foto: dok internet)
Jakarta -

Maliq & D'Essentials tahun ini telah menginjak usia ke-18. Sebagai bentuk perayaan, mereka mengeluarkan mini album bertajuk Raya yang akan dirilis dalam tiga bagian.

Bagian pertama akan dirilis esok hari, Selasa, 18 Agustus 2020. Mini album Raya Part I memuat dua lagu, yakni Bertemu dan Memori. Sedangkan bagian kedua akan dirilis Oktober dan bagian tiga pada Desember 2020.

Menurut personel Maliq & D'Essentials, proyek musik Raya berisikan lagu yang ditulis oleh mereka di masa pandemi. Rilisnya mini album itu pun terjadi tanpa perencanaan sebelumnya.

"Di awal kami nggak ada rencana keluarin album. Sebelum pandemi kami inginnya rilis single, tapi karena pandemi, kami stop dan jadi nggak berani," buka Indah dalam konferensi pers virtual, Senin (17/8/2020).

"Akhirnya (selama masa PSBB) kami nulis-nulis lagu, karena cuman ini yang bisa dilakuin, jadi enam lagu, akhirnya kami rilis album saja," sambung Indah.

Judul Raya berasal dari kata merayakan. Sebab selain merayakan ulang tahun, Maliq & D'Essentials rupanya memiliki hal lain untuk dirayakan di sepanjang karier Maliq & D'Essentials, salah satunya adalah kembalinya suara Indah Wisnuwardhana.

Diketahui, pada 2013 silam, Indah sempat absen tampil bersama Maliq & D'Essentials akibat varises di pita suaranya.

Selain itu, dalam album ini, Widi Puradireja juga kembali ikut menyumbang suara dalam sebuah lagu. Ini adalah kali pertama sejak 15 tahun lalu setelah dia bernyanyi di lagu Untitled pada 2005.

"Jadi kata Raya kami ambil dari merayakan. Yang paling utama Maliq merayakan ulang tahunnya ke-18 setelah kami menjalani ini banyak banget hal-hal yang perlu kami rayain," ujar Indah.

"Gue punya waktu banyak di studio, ngulik lagu lagi. Jadi nemuin lagi nyamannya nyanyi. Suara gue kan sempat hilang, ketika suara gue hilang tapi harus kerja itu kan stressful. Ini gue kayak dikasih waktu buat recover jadi harus dirayakan," urai Indah lagi.

Widi mengungkapkan bandnya memiliki alasan tersendiri mengapa mengeluarkan mini album Raya dalam tiga bagian. Menurutnya, para personel Maliq & D'Essentials sangat yakin semua lagu yang mereka tulis di masa karantina memiliki kesempatan untuk diperkenalkan sebagai single.

"Karena orang-orang sudah melakukan hal ini dan kami belum pernah melakukan hal ini. Terus materi di album ini kami merasanya single material semua. Jadi takutnya kalau nggak dipirit-pirit sayang," jelas Widi.

"Nantinya keenam lagu yang menjadi rangkaian dari mini album Raya akan memiliki video klip. "Kami nge-treatnya jadi ada enam single," kata Widi.



Simak Video "Pihak Tina Toon Klaim Tak Bertanggungjawab atas Gugatan Rp 10,7 M "
[Gambas:Video 20detik]
(srs/mau)