Persiapan Raisa Nyanyi Bareng Gita Bahana Nusantara di HUT RI ke-75

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 10 Agu 2020 19:55 WIB
Raisa
Foto: Dok. Instagram @raisa6690, Instagram @michaelcools
Jakarta -

Setiap tahunnya Gita Bahana Nusantara selalu mengisi acara perayaan HUT RI di Istana Merdeka. Sayangnya orkestra dan paduan suara terbesar di Indonesia tersebut tidak bisa hadir secara langsung buat memeriahkan HUT RI ke-75. Namun penampilan akan dilakukan secara virtual.

Raisa digaet Gita Bahana Nusantara (GBN) buat menyanyi di perayaan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus mendatang. Bagaimana persiapannya?

Raisa yang digaet untuk berkolaborasi dengan GBN pun melakukan segala persiapan secara terpisah. Penampilannya pun nanti akan dilakukan virtual. Hal inilah yang bisa dibilang cukup menantang.

"Tantangan terbesarnya di aransemen," ujar Raisa dalam kesempatan Webinar bersama GBN yang digelar via aplikasi Zoom pada Senin (10/8/2020).

"Karena kan biasanya aransemen kita akan ngobrol, ngepasin sama register (vokal) aku, cara aku bernyanyi, kali ini bener-bener disodorin kayak gini aransemen GBN dengan arahan yang lebih klasik dari yang biasa aku nyanyiin. Terus tinggi banget nadanya! Aku yang (bertanya ke diri sendiri), bisa nggak ya?" lanjut Raisa.

Pelantun Kali Kedua itu menambahkan bahwa dirinya tidak berusaha untuk jadi sosok penyanyi berbeda dalam penampilannya bersama GBN. Meski aransemennya orkestra, namun tetap ada suara khas dan rasa Raisa dalam penampilannya nanti.

Raisa hadiri webinar GBNFoto: Tangkapan layar Raisa saat menghadiri Webinar GBN (dok. detikcom)

"Aku sendiri latihannya bener-bener nyobain berbagai cara bernyanyi. Aku sempat ngikutin guide-nya (GBN) seriosa, tapi ini nggak gue banget. Walaupun aku bisa niru dan miripin, tapi kayaknya bukan itu yang diharapkan. Aku merasa, orang meminta aku tampil karena mereka ingin dengar Raisa. Bukan aku seperti apa. Latihan terus sampai ketemu natural ke-Raisa-annya. Aku mau tetap lagu aslinya dipertahankan, nggak mau yang sok-sok RnB di awal. Intinya ingin bikin lagu ini jadi indah dengan paduan suara dan aku. Main goal-nya adalah lagunya, aku hanya mempercantik aja," beber Raisa.

Sudah menjadi rutinitas setiap tahunya jelang perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan melakukan pembinaan terhadap generasi muda berbakat dari seluruh provinsi di Indonesia. Salah satunya turut menjadi bagian dari Pergelaran Orkestra dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) di Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka-Jakarta.

Namun untuk HUT RI Ke- 75 tahun ini para peserta GBN tidak bisa tampil seperti biasanya menghibur rakyat Indonesia dan tampil di Istana secara langsung, lantaran hingga saat ini penyebaran virus Corona belum usai.

Kendati demikian para peserta GBN masih bisa menyalurkan bakat dan penampilannya melalui virtual. Bersama Raisa dan Isyana Sarasvati, kehadiran mereka masih tetap bisa disaksikan dalam peringatan HUT RI di istana dan di TVRI 17 Agustus pukul 20.00-21.00 WIB.

(ron/mau)