Gitar Akustik Milik Elvis Presley Terjual Rp 17,4 M

Devy Octafiani - detikHot
Kamis, 06 Agu 2020 09:11 WIB
044629 45: Singer Elvis Presley poses for a studio portrait. (Photo by Liaison)
Foto: Elvis Presley (Getty Images/Getty Images)
Jakarta -

Salah satu barang bersejarah milik musisi Elvis Presley terjual baru-baru ini. Barang tersebut adalah gitar akustik yang pernah digunakan Elvis.

Gitar tersebut terjual menembus angka USD 1 juta. Dalam momen lelang yang digelar belum lama ini, gitar tersebut dibeli dengan harga USD 1,2 juta atau Rp 17,4 miliar.

Gitar akustik tersebut dimainkan oleh mendiang Elvis Presley di sebuah sesi musik yang memicu tren musik rock and roll di tahun 1955.

Gitar ini menjadi instrumen yang paling signifikan dalam sejarah musik. Gitar tersebut diperoleh Elvis dari sebuah toko musik di kawasan Union Avenue tahun 1954.

Elvis menghias gitar tersebut dengan huruf-huruf dari logam yang menjadi ejaan namanya sendiri.

Elvis diketahui menjual gitar tersebut di tahun 1956 setelah ia menggunakannya di sesi rekaman pertamanya. Kala itu ia bekerja sama dengan gitaris Scotty Moore dan bassist Bill Black dalam pembuatan lagu Blue Moon of Kentucky dan Mystery Train.

Lelang ini sendiri digelar sejak 22 Juli dan berakhir seminggu setelahnya. Tak diketahui siapa pembeli memorabilia tersebut.

Elvis PresleyGitar akustik yang pernah digunakan Elvis Presley / Foto: (dok.USAToday)

Rumah lelang Gotta Have Rock and Roll sengaja menutup identitas sang pembeli yang ternyata adalah satu-satunya penawar di lelang barang milik Elvis Presley ini. Harga jual gitar tersebut diketahui menjadi harga terendah di gelaran lelang.

Situs Gotta Have Rock and Roll memposting harga jual $ 1,2 juta saat mengumumkan gitar akustik Elvis ini dilelang. Angka yang juga merupakan tawaran awal minimum untuk gitar ini.

Elvis Presley tak hanya dikenal sebagai musisi semasa hidupnya. Ia juga dikenal sebagai aktor lewat perannya di layar lebar.

Pecinta musik asal Denmark, Ernst Mikael Jorgensen mengungkapkan bagaimana Elvis menjadi salah satu tokoh berpengaruh di industri hiburan dunia.

"Elvis berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Ia membuat catatan keren di tahun 50-an, ia juga membuat film-film luar biasa di tahun 60-an," tukasnya.



Simak Video "Tom Hanks Positif Corona, Produksi Film 'Elvis Presley' Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)