detikHot

music

Saran Pemerintah untuk Promotor Musik di Indonesia

Sabtu, 25 Jul 2020 17:02 WIB Prih Prawesti Febrian - detikHot
ilustrasi microphone Saran pemerintah untuk promotor musik. Foto: thinkstock
Jakarta -

Pemerintah lewat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan dorongan untuk promotor musik yang ada di Indonesia.

Khususnya untuk promotor musik lokal dengan membentuk Asosiasi Promotor Musik Indonesia untuk forum bertukar pikiran. Tak hanya itu, asosiasi tersebut juga nantinya bisa menyelesaikan isu yang muncul dalam pertunjukan musik. Terlebih saat masa pandemi seperti ini.

"Perlu ada forum atau asosiasi acara untuk membantu pemerintah dalam mengkurasi acara-acara terbaik di Tanah Air. Dan ini sejalan dengan tugas serta fungsi bidang event Kemenparekraf," buka Rizki Handayani sebagai Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf/Parekraf.

"Di antaranya mendukung event-event daerah, membesarkan event nasional, serta membawa event internasional ke dalam negeri. Karena DNA Indonesia adalah kreatif," sambung Rizki Handayani lagi.

Tak sampai di situ, kerja sama antara pemerintah dan industri ke depan dapat terjalin semakin intensif mengenai pengembangan acara musik.

Sehingga nantinya acara tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara untuk datang ke acara itu.

"Para promotor senior tergabung dalam FAPI bisa menjadi advisor atau pembina Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI). Jadi para promotor senior dilibatkan langsung juga di APMI," tutur Rizki Handayani lagi.

Dengan adanya APMI nanti, dikatakan Tommy Pratama sebagai pemilik Original Production, Forum Asosiasi Promotor Indonesia memiliki cangkupan yang luas termasuk adanya lintas generasi.

"Forum FAPI yang lebih dulu terbentuk cakupannya lebih luas, di antaranya adanya lintas generasi promotor senior dan lintas Bidang Industri Promotor lainnya di Indonesia. Sehingga FAPI tetap eksis dan berkesinambungan dengan APMI," beber Tommy Pratama.

"Artinya kehadiran APMI bukan sebagai asosiasi tandingan FAPI. Insyaallah bisa saling support dan melengkapi demi kemajuan Kreatif Industri Promotor dan Pariwisata Nasional Indonesia," tutup Tommy Pratama.




Simak Video "Resso Ungkap Perubahan Gaya Nikmati Musik saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com