Makna Mendalam 12 Tahun Terindah dari Bunga Citra Lestari

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 20 Jul 2020 13:34 WIB
Bunga Citra Lestari
Bunga Citra Lestari. Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta -

Kehilangan Ashraf Sinclair yang meninggal dunia pada 18 Februari 2020, rupanya masih meninggalkan duka mendalam bagi Bunga Citra Lestari (BCL).

Rasa kesepian dan kebingungannya menjalani hari-hari sepeninggal suaminya pergi itu ia tuangkan dalam lagu barunya yang berjudul 12 Tahun Terindah.

Menurut keterangan pers yang diterima detikcom, Senin (20/7/2020), 12 Tahun Terindah berangkat dari curahan hati Bunga Citra Lestari yang ia tuangkan dalam buku hariannya.

Bersama Ifa Fachir, BCL mengembangkan isi hatinya itu menjadi lagu. Tidak hanya Ifa Fachir, dalam lagu itu, BCL juga dibantu oleh Andi Rianto yang mengisi piano.

"Lagu ini menceritakan kebingungan saya menghadapi hari-hari baru. Di saat hidup berubah dalam waktu yang begitu cepat, tanpa peringatan, dan mau tidak mau harus tetap dijalani," ungkap perempuan yang akrab disapa Unge itu.

Meski merasa kehilangan, Bunga Citra Lestari mengaku bersyukur pernah menjalani kehidupan berumah tangga bersama Ashraf Sinclair. Itu sebabnya lagu itu ia beri judul 12 Tahun Terindah.

"Di momen kehidupan ini juga, saya berusaha melihat lagu tahun-tahun yang sudah saya lewatu bersama Ashraf. Melalui suka dan duka dalam cinta, yang membuat saya percaya kalau cinta itu ada," urai dia.

Bunga Citra Lestari (BCL) di konser Ronan Keating di Jakarta, Sabtu (29/2/2020)Bunga Citra Lestari (BCL) di konser Ronan Keating di Jakarta, Sabtu (29/2/2020) Foto: Hanif Hawari

Proses pembuat lagu ini dilakukan secara virtual dari rumah masing-masing. Ini juga merupakan kali pertama Bunga Citra Lestari menulis lirik lagunya dan melakukan proses rekaman sendiri dengan perangkat yang ada di rumahnya.

Video klip dari lagu 12 Tahun Terindah disutradarai oleh adik Ashraf, yakni Adam Sinclair. Pengambilan gambar dari video klip itu dilakukan di kediaman BCL.

Dalam beberapa adegan, Bunga Citra Lestari terlihat menatap ke luar dari balik jendela kamarnya. Ia juga terlihat bermain bersama buah hatinya, Noah.

Cuplikan video klip 12 Tahun Terindah dari Bunga Citra Lestari (BCL).Cuplikan video klip 12 Tahun Terindah dari Bunga Citra Lestari (BCL). Foto: dok. Bunga Citra Lestari

Penggalan video dan foto yang memotret kebersamaan BCL dan Ashraf pun menjadi bagian mengharukan dari video klipnya. Bahkan dalam videonya, terdapat cuplikan yang merekam momen perkenalan antara keduanya.

Saat itu Ashraf tengah mewawancarai Bunga Citra Lestari untuk salah satu program yang dipandu olehnya.

Lagu tersebut baru dapat ditonton di kanal YouTube-nya milik BCL. Sedangkan lagu itu baru diedarkan melalui layanan streaming musik mulai 24 Juli 2020.

BCL & Ashraf SinclairMomen kemesraan BCL & Ashraf Sinclair. Foto: Gus Mun

Meski baru diunggah pada Minggu, 19 Juli 2020, akan tetapi lagu itu telah memperoleh 4,5 Juta penonton pada Senin (20/7) pagi.

Selain meluncurkan video klip, BCL juga berencana akan membuat konser virtual berjudul Melangkah Lagi.

Ashraf Sinclair dan Bunga Citra Lestari menikah pada 2008. Dari pernikahan mereka, keduanya dikarunia seorang anak laki-laki bernama Noah Aidan Sinclair.



Simak Video "Curahan Hati BCL Usai Ditinggal Ashraf Sinclair untuk Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)