Penonton Ingin Moshing, Ini Jawaban Hammersonic soal Protokol Kesehatan

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 14 Jul 2020 13:14 WIB
Hammersonic
Ilustrasi Hammersonic. Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Hammersonic 2021 akan diselenggarakan sebagai ganti dari gelaran di tahun ini yang terpaksa harus ditunda karena adanya pandemi virus Corona.

Sejumlah calon penonton mulai bertanya mengenai protokol kesehatan yang akan diberlakukan selama festival musik cadas itu berlangsung. Mereka mempertanyakan apakah nanti akan boleh melakukan moshing atau tidak di kolom komentar Instagram Hammersonic.

Ravel Junardy selaku CEO Hammersonic menegaskan hingga kini pihaknya masih menunggu aturan sekaligus anjuran protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah pada masa penyelenggaraan acara.

"Semua protokol kesehatan kami mengikuti anjuran pemerintah dan terus direview seiring dengan situasi yang berkembang," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (14/7/2020).

Akan tetapi yang dapat dipastikan oleh Ravel Junardy, akan ada beberapa protokol yang wajib dilaksanakan dalam penyelenggaraan Hammersonic tahun ini.

"Tentunya akan diberlakukan temperature check dan disinfectant spray di gate masuk, lalu beberapa spot cuci tangan dengan pembatasan jarak dan penggunaan masker yg diwajibkan. Untuk kapasitas audiences akan disesuaikan dengan area Pantai Carnaval dengan ketentuan wajib masker," terang dia.

Dia melanjutkan, nantinya pengunjung yang telah memiliki tiket namun tidak lolos pengecekan suhu tubuh tetap tidak akan diperbolehkan masuk.

"Adapun bagi pengunjung yang tidak lolos temperature check maka tidak akan diizinkan masuk dan langsung dibawa ke posko kesehatan," ujar Ravel.

Hammersonic 2021 bakal diselenggarakan di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara pada 15 hingga 17 Januari 2021. Gelaran Hammersonic 2020 seharusnya digelar pada 27 dan 28 Maret 2020 di tempat yang sama.

Sayangnya hajatan penggemar musik cadas itu harus ditunda karena adanya situasi pandemi COVID-19 di Indonesia dan ditunda hingga awal 2021. Kendati jadwal penyelenggaraan ditunda, Hammersonic 2021 berlangsung selama tiga hari yang sebelumnya direncanakan hanya dua hari.

Slipknot, Black Flag, dan Suicide Silence diumumkan bakal menjadi penampil dalam festival musik tersebut.

Dalam kolom komentar ketika mereka mengumumkan tampilnya Suicide Silence, sejumlah calon penonton Hammersonic mulai mempertanyakan protokol kesehatan yang akan diberlakukan di festival itu.

"Ini kira-kira protokol kesehatannya gimana min? Takutnya sudah pada berburu tiket, eh nanti nggak bisa moshing. Ya kali nonton Slipknot duduk doang, berasa pengajian min," tulis pemilik akun @aan13_.

Warganet lainnya juga mempertanyakan hal serupa. "Semoga nggak jadi moshing sambil duduk yak," ungkap pemilik akun @amorebelx.

Ketika mengumumkan tampilnya Slipknot panitia Hammersonic memang telah memberitahu bahwa pihaknya akan memberlakukan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Corona di area acara.

"Kami akan menerapkan sejumlah protokol kesehatan mulai penyemprotan disinfektan di gerbang masuk area festival, penggunaan masker selama acara, dan tempat cuci tangan di setiap sudut," tulis Hammersonic di Instagram.



Simak Video "Hammersonic Resmi Ditunda Gegara Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)