Flavs Festival Tetap Digelar, Format Berganti Virtual

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 25 Jun 2020 10:38 WIB
Flavs Virtual Festival 2020
Foto: dok. Flavs 2020
Jakarta -

Tahun ini seharusnya menjadi tahun pertama penyelenggaraan festival musik Flavs. Pada awalnya, acara itu dijadwalkan berlangsung pada 4 hingga 5 April 2020 di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Lil Pump dan Stormzy dijadwalkan menjadi bintang tamu utama dari festival musik tersebut.

Akan tetapi adanya virus Corona (COVID-19) yang masuk ke Indonesia pada Maret 2020 membuat mereka mengundur penyelenggaraan acara tersebut pada 8 hingga 9 Agustus 2020.

Melihat kondisi terkini yang menunjukkan masih berlangsungnya masa pandemi di Tanah Air, penyelenggara Flavs 2020 memutuskan untuk tetap mengadakan acara itu. Hanya saja, kali ini festival musik mereka berganti format menjadi virtual.

"Dengan segala keterbatasan yang ada, kami ingin tetap dapat mengadakan festival ini. Nanti kami untuk festivalnya, kami sudah membuat basis aplikasi kami sendiri, jadi secara streaming bisa lebih baik," ujar Muhammad Riza selaku Festival Director dalam konferensi pers virtual.

Meski sejumlah konser virtual direkam terlebih dahulu, akan tetapi Riza memastikan Flavs akan ditayangkan secara langsung. Jumlah panggung pun masih berjumlah empat, sama sebagaimana rencana festival aslinya.

"Jadi kami tetap akan bikin live. Selama pandemi terjadi, banyak virtual konser, ada yang tapping. Kalau kami live, festival kami ada empat panggung, nanti akan tetap empat panggung," ungkap Riza.

Untuk mendukung siaran Flavs 2020 pihaknya juga telah menyiapkan aplikasi khusus. "Kalau visua, kami satu panggung itu minimum lima kamera, untuk kapasitas audio, kalau Zoom itu kan dibuat untuk virtual meeting tidak untuk konser. Jadi kami coba develop aplikasi sendiri," kata dia.



Kendati melakukan syuting di studio, Tri Sasongko Santoso sebagai Technical Director menjamin akan melakukan protokol kesehatan yang memadai. Sehingga artis yang menjadi bintang tamu dapat tampil dengan aman.

"Jadi memang protokol kesehatan sangat penting. Karena studionya ada empat di satu area, desinfektan atau segala macem pasti kami lakukan. Orang yang masuk ke area studio, semua diwajibkan menggunakan masker, kami juga sudah nyiapin hand sanitizer, thermo gun udah pasti, mic pasti pake penutup habis dipakai ganti baru," terang Tri Sasongko.



Dalam festival musik virtual Flavs 2020, sejumlah musisi Tanah Air akan menjadi pengisi acara, di antaranya Adrian Khalif, Bakuucakar Reminiscing Glenn Fredly, Boogieman & Kenny Gabriel, Boyz Got No Brain, Dekat, Laze, Maliq & D'Essentials, Rinni Wulandari, Tuan Tigabelas, Yura Yunita dan lain-lain.

Untuk dapat mengakses festival virtual tersebut, penonton dapat membeli tiket seharga Rp 99 Ribu per hari atau tiket terusan dua hari seharga Rp 499 Ribu.

Pembeli tiket terusan dua hari akan mendapat merchandise eksklusif dari Flavs 2020 berisikan kaos, masker dan sanitizer.



Simak Video "SuperM Tampil Gahar di 'One (Monster & Infinity)'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)