Kenangan Perjuangan Glenn Fredly hingga Ambon Jadi Kota Musik Dunia

Dyah Paramita Saraswati, Hanif Hawari, Dicky Ardian - detikHot
Kamis, 09 Apr 2020 13:41 WIB
Kelompok Penerbang Roket x Glenn Fredly
Glenn Fredly Foto: Dicky/detikHOT
Jakarta -

Oleh teman-temannya, Glenn Fredly dikenal sebagai musisi yang vokal menyuarakan kepentingan orang banyak. Salah satu buktinya adalah Ambon yang kini resmi menjadi Kota Musik Dunia.

Meski lahir dan besar di Jakarta, kecintaannya kepada Indonesia bagian timur memang tidak pernah luntur. Oleh karena itu, Glenn Fredly adalah sosok yang paling mendukung Ambon menjadi Kota Musik Dunia.

Bukan cuma berkoar-koar di media saja, Glenn Fredly juga melakukan pendekatan ke pemerintah. Dukungan ke sesama musisi coba ia kumpulkan untuk hal tersebut.


Langkah nyata dukungan Glenn Fredly adalah dengan menggelar konferensi musik di Ambon. Niatan itu akhirnya terwujud pada 2018.

Itu adalah konferensi musik pertama di Indonesia.

Atas usahanya itu, Glenn Fredly juga diganjar sebuah penghargaan dari pemerintah Kota Ambon. Richard Louhenapessy selaku Walikota Ambon menyerahkan piagam kepada Glenn Fredly sebagai penggagas KAMI (Kami Musik Indonesia) dan perwakilan dari musisi.

Glenn Fredly pun menerimanya dengan penuh kebahagiaan. Sebagai tanda peringatan Hari Musik Nasional 2018 dan penutupan Konferensi Musik Indonesia, Richard Louhenapessy dan Glenn Fredly melakukan sesi pemukulan alat musik pukul khas Ambon, Tifa, sebanyak lima kali.


Setahun perjalanan Glenn Fredly dan yang lainnya mengusahakan Ambon sebagai Kota Musik Dunia akhirnya berbuah manis.

Glenn Fredly langsung merayakan momen Ambon memang disahkan menjadi salah satu kota musik di dunia oleh UNESCO dari atas panggung.

"Kemarin badan internasional dari UNESCO menetapkan Ambon sebagai kota musik pertama di Asia Tenggara. Ini adalah kerja kolektif bentuk cinta terhadap Indonesia," ujarnya di festival Sewindu di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 1 November 2019.


Di penghujung acara, Glenn Fredly pun menyampaikan pesan dan harapannya mengenai daerah-daerah di Indonesia bagian Timur.

Ia berharap, tak ada lagi stigma yang negatif yang ditempelkan bagi mereka. Tampaknya, isu mengenai Indonesia Timur memang menyita perhatian Glenn Fredly.

Ini bukan kali pertama ia menyuarakan hal itu di panggungnya. Di festival musik Soundrenaline dan Synchronize tahun ini, ia bahkan secara spesifik membicarakan Papua.

"Kenapa saya ceritakan tentang Indonesia Timur, yang harus Anda tahu Indonesia Timur tidak boleh ada keburukan atau minor yang kalian baca," serunya.

"Itu sebabnya saya ingin merayakan menjadi Indonesia dan dimulai dari Timur karena mereka adalah saudara-saudara kita yang menjadi inspirasi buat Anda semua malam ini," sambungnya.



Simak Video "Karier Judika yang Melejit Berkat Lagu-lagu Glenn Fredly"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dar)