Round Up

'Aisyah Istri Rasulullah', Kontroversi Lirik hingga Dukungan dari Pemuka Agama

Tim detikhot - detikHot
Selasa, 07 Apr 2020 14:24 WIB
Sabyan Gambus
Sabyan salah satu grup musik yang meng-cover 'Aisyah Istri Rasulullah' Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Lagu 'Aisyah Istri Rasulullah' belakangan menjadi lagu yang begitu populer. Lagu itu sebenarnya milik band asal Malaysia yang bernama Projector Band.

Judul asli lagu tersebut adalah 'Aisyah Satu Dua Tuga Cinta Kamu'. Akan tetapi, kemudian banyak yang mendaurulang lagu tersebut, mulai dari Syakir Daulay hingga Sabyan.

Meski tengah banyak dibicarakan dan ditonton orang, namun rupanya lagu tersebut mengundang banyak kontroversi.


Buya Yahya, pendiri Pesantren Al-Bahjah berkomentar lagu itu terlalu banyak menggambarkan fisik istri Nabi Muhammad SAW. Ketimbang hal itu, menurutnya, lebih baik lirik diubah untuk menceritakan sifat baik Aisyah.

"Mungkin yang membuat atau ingin menembangkan lagu ini tolong syairnya diubah ya," kata Buya Yahya.

"Agar kita hadirkan sifat-sifat istimewa Sayidah Aisyah. Selain bersifat jasad, Siti Aisyah punya kelebihan, cerdas, pandai penuh kasih, tegas tapi sejuk wajahnya," lanjutnya.

Selain itu, Felix Siauw juga mempersoalkan pro dan kontra mengenai haram atau halalnya musik.

"Andai mau dipakai pisau bedah fiqih, pastinya selalu ada satu hal yang bisa dikritik, karena fiqih itu luas, dalam beberapa hal ada perbedaan, yang memang dibolehkan," kicau Felix Siauw di akun Twitter.

"Saya menghormati mereka yang mengambil pendapat musik itu haram, meski saya mengambil pendapat fiqih yang berbeda, begitulah harusnya sikap kita," lanjut Felix Siauw.


Meski demikian, Felix Siauw menilai lagu 'Aisyah Istri Rasulullah' justru dapat menjadi medium dakwah yang baik karena didengarkan oleh banyak orang.

"Karena itu, dari sudut pandang lain, lagu ini ternyata bisa jadi perantara dakwah yang sangat efektif, dengar saja, berapa banyak kisah yang tersampaikan dari lagu itu," urainya.

Aisyah merupakan istri dari Rasulullah Muhammad SAW. Dalam sejarah islam, ia digambarkan sebagai perempuan yang cerdas dan berilmu tinggi. Dia merupakan salah satu perempuan yang meriwayatkan hadits.



Simak Video "Cerita di Balik 'Aisyah Istri Rasulullah' yang Trending di YouTube"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dar)