Gegara Corona Konser Musik Ini Batal, yang Jalan Tiketnya Nggak Laku

Dicky Ardian - detikHot
Minggu, 15 Mar 2020 08:51 WIB
Justin Bieber
Foto: Justin Bieber
Jakarta -

Penyebaran virus corona yang meluas ke berbagai negara berbuntut pembatalan jadwal konser musik. Sekalinya tetap berlangsung, tiketnya nggak laku.

Head in the Cloud

Gelombang penundaan festival musik di Indonesia dimulai dari Head in the Cloud. 88rising memberikan kepastian mengenai pembatalan tersebut yang awalnya digelar pada 7 Maret 2020.


Hammersonic

Pengumuman penundaan Hammersonic diawali oleh kabar dua band yang menjadi penampilnya batal tampil. Informasi kemudian berlanjut ke penundaan acara yang sejatinya digelar pada 27 hingga 28 Maret 2020 ke 15 sampai 17 Januari 2021.

Kabar tersebut tentu menyisakan kekecewaan bagi para penggemar Slipknot. Pasalnya mereka sudah menunggu sejak lama band heavy metal itu untuk tampil di Indonesia.

Hingga saat ini, belum ada kepastian mengenai line up Hammersonic 2021.


Avril Lavigne

Penundaan juga dilakukan oleh Avril Lavigne yang melakukan tur bertajuk 'Head Above Water Tour 2020'.

Lewat pengumuman di media sosialnya, pelantun 'When You're Gone' itu mengungkapkan penundaan tersebut. Dia mengatakan hal itu terpaksa dilakukannya karena sejumlah aturan guna menanggulangi penyebaran virus Covid-19.


Foals

Satu lagi jadwal konser yang akhirnya dibatalkan karena virus corona. Kali ini, hal itu menimpa Foals.

Band rock asal Inggris itu rencananya menggelar konser di Jepang pada pekan ini. Namun karena alasan kesehatan, mereka mengurungkan niat.

"Karena ketidakpastian mengenai virus Covid-19, kami mengambil keputusan sulit untuk menunda tur Jepang kami ke tanggal lain di tahun ini," ungkap Foals di Twitter.


Justin Bieber

Nasib kurang baik menimpa Justin Bieber. Ia membatalkan konser di stadion ke venue yang lebih kecil karena tiketnya tidak laku.

Ada tiga jadwal yang lokasi konsernya dipindahkan, yaitu Texas, Ohio, dan Michigan. Kabar itu disampaikan oleh pengurus lokasi.

"Karena kondisi yang tidak terduga, konser @justinbieber di Stadion AT&T pada 27 Juni dipindahkan ke America Airlines Center pada Minggu, 28 Juni," bunyi keterangan tersebut.

Hingga saat ini, belum ada komentar dari Justin Bieber mengenai pemindahan tersebut. Namun seorang sumber mengatakan langkah itu diambil karena tiket yang dijual tidak laku-laku amat.


Dream Theater

Konser Dream Theater yang seyogyanya akan diadakan April mendatang ditunda lantaran virus Corona. Hal ini disampaikan dari pihak Rajawali Indonesia selaku penyelenggara konser tersebut.

Lewat keterangan resminya, pihak Rajawali mengatakan konser tersebut akan ditunda hingga akhir tahun.

"Terkait perkembangan atas pandemi global Covid-19 di beberapa negara termasuk Indonesia. Rajawali Indonesia selaku Promotor telah melakukan diskusi dengan berbagai pihak terkait," tulis rilis yang diterima detikcom, Sabtu (14/3/2020).


My Chemical Romance

My Chemical Romance juga menunda konser yang merupakan bagian dari tur mereka di Jepang karena wabah virus corona.

Dalam keterangannya, MCR menjelaskan mereka seharusnya tampil di festival musik Download and Dirty Honey pada 28-31 Maret 2020 di Jepang.

"Promotor menyarankan kami untuk menunda konser di Jepang demi keamanan publik, dan kami mengikuti saran itu," tulis My Chemical Romance.


South by Southwest

Setelah sebelumnya yakin bakal tetap berlangsung, South by Southwest akhirnya batal digelar tahun ini karena wabah virus Corona. Steve Adler, Wali Kota Austin, Texas, memberikan pengumuman untuk pembatalan SXSW 2020.

"Ini adalah peristiwa penting bagi kota kami dalam banyak hal, terkait siapa kami di kota ini. Saya menantikan perulangan (penjadwalan baru) SXSW ketika kembali untuk Austin," kata Wali Kota Steve Adler dilansir dari NBC News.

SXSW adalah gelaran tahunan yang mampu mengundang puluhan ribu orang untuk datang. Acara tersebut tidak cuma punya panggung musik, tapi juga teknologi, media, olahraga, pendidikan, games, film, dan beberapa lagi yang lainnya.


Coachella dan Stagecoach

Festival Coachella akhirnya memberikan kepastian mengenai gelaran tahun ini. Dampak virus corona membuat festival tahunan itu mundur beberapa bulan.

Awalnya, acara yang bakal berlangsung di Empire Polo Club, Indio itu dijadwalkan digelar pada April 2020. Namun karena wabah virus corona yang belum juga mereda, festival tersebut mundur hingga Oktober 2020.

Seperti biasanya, Coachella akan berlangsung selama beberapa hari pada rentan waktu dua minggu. Akhirnya, jadwal baru pun diumumkan, yaitu pada 9 hingga 11 dan 16 hingga 18 Oktober 2020.

Bukan cuma Coachella, penyelenggara juga mengabarkan Stagecoach Music Festival juga mengalami perubahan jadwal. Stagecoach akan berlangsung pada 23, 24, dan 25 Oktober 2020.


The Strokes

Kali ini, giliran The Strokes yang membatalkan konsernya. Konser tersebut seharusnya berlangsung pada 14 Maret 2020 di The Forum, Los Angeles, Amerika Serikat. Tapi acara itu ditunda hingga 29 Mei 2020.

Selain The Strokes, dalam konser seharusnya tampil pula King Princess dan Alvvays sebagai pembuka.

"Kami sangat kecewa harus menunda pertunjukan ini. Sayang disayangkan kami tidak dapat tampil, namun kesehatan, dan keamanan dari penggemar, kru, dan pekerja adalah prioritas kami saat ini," tulis The Strokes dalam keterangan di media sosial miliknya.



Simak Video "Bangkit dari Pandemi, New York Gelar Konser Besar-besaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/mau)