detikHot

Hari Musik Nasional

Hari Musik Nasional dan Segala Masalah di Dalamnya

Senin, 09 Mar 2020 09:58 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Naif di Synchronize Fest 2018 Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Sejak masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, lewat Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013, setiap tanggal 9 Maret, kita sebagai rakyat Indonesia memiliki sebuah hari untuk dirayakan, yakni Hari Musik Nasional.

Bagi banyak orang yang berkecimpung di dalamnya, maupun yang menikmati musik, Hari Musik Nasional lebih dari sekadar peringatan. Hari tersebut menyimbolkan apresiasi pada para pekerja musik, bagaimana eksistensi mereka selama ini diakui oleh negara.

Hari Musik Nasional jatuh pada 9 Maret karena dianggap sebagai tanggal lahir Wage Rudolf Supratman, seorang pahlawan dan pencipta lagu 'Indonesia Raya'.

Nyatanya, ada berbagai versi sejarah yang menyebutkan bahwa W.R. Supratman belum tentu lahir pada tanggal tersebut.



Terlepas dari itu semua, Hari Musik Nasional adalah hari yang patut dirayakan. Bagaiman tidak? Musik telah menjadi salah satu aspek yang selalu mengiringi hidup kita. Di berbagai tempat, musik diputar, dan dirayakan.

Meski musik telah menjadi bagian dari hidup banyak orang, masih ada segelintir persoalan dan permasalahan yang yang harus dibenahi di ranah tersebut.

Tahun lalu, kericuhan terjadi di beberapa acara musik berskala besar. Misalnya saja, Lalala Fest yang mengusung konsep festival musik hutan.

Acara yang bertempat di Lembang, Jawa Barat itu mendatangkan Honne, The Internet, Crush, Years & Years dan lain-lain dan terselenggara pada 23 Februari. Sayangnya, protes dan kritik keras datang menggunung setelah acara berlangsung, mulai dari akses ke venue yang sulit, venue acara yang becek karena musim hujan hingga minimnya tempat sampah di acara itu.

Ada lagi festival musik Lokatara Fest yang digelar di Kuningan, Jakarta Selatan pada 21 November 2019. Sejatinya, acara ini dimeriahkan oleh The Drums, Gus Dapperton, Sales, dan lain-lain.

Nyatanya, sejumlah pengisi acara internasiona memilih membatalkan penampilannya. Hal itu disebabkan oleh persoalan visa dan perizinan tampil yang tidak tuntas dalam penyelenggaraan acara itu.

Photo Gallery
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Doa Para Musisi di #HariMusikNasional"
[Gambas:Video 20detik]

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com