Dampak Brexit pada Industri Musik

Brexit Akan Buat Musisi Inggris Sulit Tur di Eropa

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 16 Feb 2020 13:45 WIB
Insert Brexit Inggris Cerai Uni Eropa
Foto: Ilustrator Zaki Alfarabi

Menurutnya, hanya musisi besar yang akhirnya masih dapat melakukan tur dengan mudah meski ada persyaratan dan biaya tambahan. "Hambatan itu hanya mampu dikelola oleh artis dengan tingkat keberhasilan tertentu," lanjutnya.

Serikat musisi di Inggris telah membuat petisi mengenai paspor khusus musisi di change.org. Sejauh ini, paspor musisi itu dianggap bisa menjadi jalan keluar dari kekhawatiran yang dihadapi industri musik Inggris saat ini.

Dalam petisi itu, Serikat Musik Inggris juga menuliskan persyaratan ideal bila permohonan untuk adanya paspor musisi itu benar-benar dikabulkan.

Mereka menuliskan setidaknya paspor harus berlaku minimal dua tahun dan bisa didapatkan dengan biaya terjangkau. Paspor itu juga harus mengizinkan musisi-musisi tersebut masuk ke semua negara anggota Uni Eropa.

Paspor tersebut juga harus mampu memangkas birokrasi dan berlaku bukan hanya untuk musisi, melainkan juga kru, teknisi, manajer, dan jenis pekerjaan lain yang membantu musisi untuk melakukan pekerjaannya.

The Guardian menuliskan, dengan adanya Brexit, bukan hanya industri musik yang akan terdampak, namun juga dunia olahraga.

Halaman


Simak Video "Inggris Siap TInggalkan Uni Eropa Mulai 1 Januari 2021"
[Gambas:Video 20detik]

(srs/dal)