detikHot

music

Memperingati 50 Tahun Black Sabbath, Lahirnya Heavy Metal

Jumat, 14 Feb 2020 13:58 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
LOS ANGELES, CA - JANUARY 26:  (L-R) Recording artists Tony Iommi, Ozzy Osbourne and Geezer Butler of Black Sabbath pose in the press room during the 56th GRAMMY Awards at Staples Center on January 26, 2014 in Los Angeles, California.  (Photo by Frazer Harrison/Getty Images) Black Sabbath. Foto: Frazer Harrison
Jakarta -

Black Sabbath menjadi band cadas yang berpengaruh besar bagi perkembangan musik heavy metal. Terbentuk di Birmingham, Inggris pada 1968 band tersebut kemudian menjadi salah satu yang paling ikonik di ranah musik rock.

Pada saat terbentuk, band itu digawangi oleh Tony Iommy (gitar), Bill Ward (drum), Geezer Butler (bass) dan Ozzy Osbourne (vokal).

Di 1979, Ozzy Osbourne sempat keluar dari band itu dikarenakan masalah ketergantungan pada obat-obatan terlarang dan alkohol. Akan tetapi, setelah band itu mengalami beberapa kali pergantian formasi, ia kemudian kembali bergabung dengan Black Sabbath.



Keberadaan mereka kerap disebut-sebut sebagai pioneer dari musik heavy metal. Maka itu debut album self-titled mereka yang rilis pada 13 Februari 1970 di Inggris (dan 1 Juni 1970 di Amerika Serikat) menjadi album yang bersejarah bagi perkembangan musik heavy metal.

Menurut Tony lommi dalam wawancaranya dengan Music Week di 2012 lalu, album itu hanya direkam selama satu hari pada 16 Oktober 1969.


"Kami pergi ke studio dan melakukan ini dalam sehari, kami merekamnya secara langsung dan kemudian rampung," kenangnya saat itu.

Iommi melanjutkan, "Pada saat itu kami berpikir seharian penuh (untuk merekam album) adalah waktu yang lama."

Album debut itu direkam dengan formasi awal Black Sabbath. Rodger Bain terlibat sebagai produser di album itu. Sedangkan Tom Allom dan Barry Sheffield menjadi teknisinya. Untuk penggarapan sampul dan fotografi dipercayakan pada Marcus Keef.



Untuk versi Eropa terdapat tujuh lagu dalam album itu, di antaranya 'Black Sabbath', 'The Wizard', 'Behind the Wall of Sleep', 'N.I.B', 'Evil Woman', 'Sleeping Village', dan 'Warning'.

Sedangkan dalam edisi versi Amerika Utara ada lima nomor lagu yang terdiri dari 'Black Sabbath', 'The Wizard', medley dari 'Wasp', 'Behind the Wall of Sleep', 'Bassically' dan 'N.I.B.','Wicked World' dan medley dari 'A Bit of Finger', 'Sleeping Village' dan 'Warning'.

Di tahun ini, album 'Black Sabbath' menginjak usia setengah abad. album itu disebut-sebut sebagai album perdana dari lagu dengan genre heavy metal dan lagu pembukanya dianggap sebagai lagu doom metal pertama.




Simak Video "Sherina Munaf hingga Jefri Nichol Tanggapi Soal Kalung Antivirus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com