detikHot

Drama Jelang Grammy

Digulingkan, CEO Grammy Ngaku Alami Pelecehan Seksual

Rabu, 22 Jan 2020 18:11 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Deborah Dugan
Jakarta -

Deborah Dugan diberhentikan dari jabatan CEO dari yayasan yang menaungi ajang penghargaan Grammy Awards, The Recording Academy.

Ia kemudian membuat laporan pada Equal Employment Opportunity Commission (EEOC) AS mengenai adanya tindakan diskriminatif, seksis dan lobi-lobi kotor bawah tangan yang disaksikan dan dialaminya selama menjabat dalam yayasan tersebut.

Salah satu yang ia ceritakan dalam laporannya adalah mengenai adanya pelecehan seksual yang dilakukan petinggi The Recording Academy, Joel Katz pada dirinya. Joel Katz duduk sebagai penasihat dan mantan anggota dewan dari The Recording Academy.

Joel Katz juga merupakan pengacara kenamaan di industri musik dan menjadi representasi hukum dari Grammy.


Pelecehan itu dialaminya pada Mei 2019 saat Deborah Dugan baru saja menandatangani kontrak dan diumumkan akan menjadi pemimpin yang baru dari yayasan itu.

Katz kemudian mengundang Dugan untuk makan malam bersama sebelum pertemuan dengan dewan. Malang tidak dapat ditolak, dalam makan malam tersebut, Dugan justru mengalami pelecehan seksual verbal dan fisik.

Dalam laporan protesnya pada EEOC, ia menceritakan saat itu Katz memanggilnya "Sayang" dan mengajaknya untuk bepergian mengunjungi rumah-rumah yang Katz miliki.

Dugan mengatakan dirinya tidak tertarik. Akan tetapi, Katz justru mencoba mencium Dugan. "Aku merasa perlakukan tersebut tidak pantas dan membingungkan," tulis Dugan dikutip dari New York Times.

New York Times juga melaporkan, pihaknya mencoba mewawancarai rekan Dugan yang enggan disebutkan namanya. Menurutnya, Dugan langsung bercerita padanya mengenai pelecehan yang dialaminya satu hari setelah makan malam itu berlangsung.

Kuasa hukum pihak Katz, Howard Weitzman, membantah hal tersebut. Menurutnya, deskripsi cerita yang dikisahkan Dugan mengenai makan malam tersebut terlah dipelintir dan pihak Katz membantah adanya pelecehan seksual.

Sedangkan Shonda Grant sebagai pekerja SDM di The Recording Academy mengatakan apa yang dikatakan Dugan adalah masalah serius yang harus diselidiki.

"Hal ini perlu diketahui dan tidak dapat diabaikan," ujar Grant.

Digulingkan, CEO Grammy Ngaku Alami Pelecehan Seksual



Simak Video "Taylor Swift Dikabarkan Absen di Grammy Awards 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com