detikHot

music

Ngayogjazz 2019, Persembahan Terakhir Djaduk Ferianto

Kamis, 14 Nov 2019 16:19 WIB Usman Hadi - detikHot
Foto: Djaduk Ferianto (Instagram) Foto: Djaduk Ferianto (Instagram)
Sleman - Ngayogjazz 2019 dipastikan digelar sesuai jadwal. Event jazz tahunan ini akan digelar pada Sabtu (16/11/2019) di Pedukuhan Kwagon, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Board Commite Ngayogjazz 2019, Aji Wartono, mengatakan digelarnya Ngayogjazz 2019 merupakan cara penyelenggara menghormati almarhum Djaduk Ferianto. Seperti diketahui Djaduk yang merupakan penggagas Ngayogjazz tutup usia kemarin.

"Ini cara kita menghormati beliau (Djaduk). Saya yakin beliau tidak mau apa yang sudah dirancang, apa yang sudah direncanakan itu kemudian tiba-tiba batal," ujar Aji kepada wartawan di The Alana Yogyakarta Hotel, Kamis (14/11/2019).

Djaduk memang tidak hanya penggagas Ngayogjazz, melainkan juga penggerak event jazz berbasis di pedesaan Yogyakarta itu. Adik dari Butet Kartaredjasa ini selalu terlibat aktif, bahkan turut merancang event jazz ini, termasuk di Ngayogjazz 2019.

"Kita tidak merubah apapun yang sudah dirancang oleh beliau (di Ngayogjazz 2019), yang sudah diamanahkan oleh beliau," tuturnya.




Aji berkisah, pernah suatu waktu Djaduk bercerita ke rekan-rekannya berkaitan dengan nasihat sang ayah, Bagong Kussudiardja, kepada Djaduk dan saudaranya. Nasihat itu mengajarkan Djaduk untuk amanah dan konsekuen dalam segala urusan.

"Almarhum Pak Bagong itu bilang kepada anak-anaknya bahwa 'kalau kamu sudah merencanakan, sudah berjanji, sudah menyanggupi untuk berbuat sesuatu, itu apapun yang terjadi harus terjadi'," ucap Aji menirukan cerita Djaduk ke rekan-rekannya.

"Nah semangat itu kemudian yang menurun ke Mas Djaduk dan menurun ke kita. Ya sudah, karena ini (Ngayogjazz 2019) sudah direncanakan... Dan saya yakin beliaunya pasti juga malah akan kecewa kalau ini kemudian kita batalkan," katanya.

Ngayogjazz 2019 sendiri secara resmi akan dibuka pada Sabtu (16/11/2019) pukul 15.00 WIB. Sebelum resmi dibuka, akan ada sederet kegiatan praacara berupa pementasan kesenian tradisional seperti jathilan, gamelan dan dalang anak.

Sementara akan ada tujuh panggung di Ngayogjazz 2019. Panggung itu akan dipakai para musisi dari komunitas jazz tanah air dan musisi ternama seperti Idang Rasjidi Sings Jazz, Oele Pattiselanno, Kelley, Eym Trio, Tompi, Soimah hingga Didi Kempot.


Simak Video "Djaduk Ferianto Dimakamkan Sederet dengan Ayah dan Ibunya"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com