detikHot

Konser Batal dan Ditunda

Mau Tahu Penyebab Konser Batal dan Ditunda? Cek di Sini

Minggu, 20 Okt 2019 12:19 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Getty Images/Dave Hogan for One Love Manchester Foto: Getty Images/Dave Hogan for One Love Manchester
Jakarta - Belakangan, ada sejumlah konser yang batal maupun tertunda. Tentunya hal-hal tersebut menjadi rapor merah bagi catatan konser di Indonesia.

Lantas hal apa saja yang bisa menyebabkan terjadi pembatalan konser?



Menurut CEO Berlian Entertaiment, Dino Hamid, ada beberapa faktor yang bisa membuat sebuah pertunjukan batal. Faktor itu bisa jadi datang dari promotor, ataupun dari artisnya.

"Kalau pembatalan itu faktornya banyak, ada faktor dari artisnya cancel, ada dari promotor-nya," kata Dino Hamid pada detikcom, beberapa waktu lalu, ditemui di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Dino menyebutkan, terkadang ada hal-hal yang terjadi di luar dugaan promotor. Meski telah dipersiapkan sedemikian rupa, beberapa faktor luar juga turut menjadi penentu.



"Ada force majeure itu yang memang secara publik bisa terlihat, 'Oh ini memang tidak bisa dilakukan'. Contoh misalkan ada kerusuhan atau sakit, itu kan secara logika, memang kalau sakit ya nggak bisa perform," jelasnya.

Selama Berlian Entertaiment menggarap puluhan konser dari dalam dan luar negeri, ia melihat, yang kerap cenderung membatalkan pertunjukan adalah musisi dari luar negeri.



"Rata-rata yang batal itu (artis) internasional. Kalau lokal mungkin ada, tapi jarang," ucapnya.

Karena bisa disebabkan oleh banyak hal, pembatalan atau penundaan konser, bagi Dino bisa sah-sah saja, asalkan promotor mampu bertanggung jawab dengan baik.

"Nah itu, selama promotor pertanggungjawabannya bisa ter-deliver dengan baik, harusnya sih nggak ada issue. Kalau alasannya kuat, audience juga paham," tuturnya.
Photo Gallery
Halaman
1 Tampilkan Semua

(dar/wes)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com