detikHot

music

Menteri Hanif Dhakiri Ternyata Sobat Ambyar Didi Kempot

Sabtu, 12 Okt 2019 18:20 WIB Angling Adhitya Purbaya - detikHot
Foto: Menteri Hanif Dhakiri (Angling Adhitya Purbaya/detikcom) Foto: Menteri Hanif Dhakiri (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Demam sobat ambyar atau fans Didi Kempot ternyata melanda menteri. Salah satunya Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri yang punya pemikiran sendiri soal hebohnya para Sad Boys dan Sad Girls akhir-akhir ini.

Hanif hari ini membuka Fashion Paradise 2019 di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang. Usai seremonial pembukaan di atas panggung, pembawa acara meminta Hanif bernyanyi bersama band pengiring.

"Banyu Langit bisa enggak? Kalau tidak saya tidak mau," kata Hanif memberi syarat.

Para pemusik menyanggupi dan Hanif mulai bernyanyi. Ternyata Hanif cukup piawai menyanyikan lagu Didi Kempot itu, bahkan ia berinteraksi kepada para penonton yang sibuk memotret dan merekam video.

Suka, itulah kata pertama yang terlotar dari Hanif kenapa ia memilih menyanyika lagu Didi Kempot. Hanif juga memiliki perspektif sendiri dengan merebaknya demam sobat ambyar.

"Saya bertemu banyak penggemar Didi Kempot, bahkan yang tidak ngerti artinya, itu anak-anak muda. Ini saya bertanya apa yang terjadi sesungguhnya. Apakah murni karena lagu atau faktor lain," kata Hanif usai acara.



Ia pun beranggapan populernya campursari ala Didi Kempot merupakan bentuk perlawanan agar kembali ke budaya lokal di tengah terpaan budaya asing yang masuk.

"Ini menunjukkan perlawanan kultural, kebudayaan. Mungkin banyak anak muda mulai, bahasa ekstrimnya, muak, melihat dulu terlalu barat kini terlalu Arab, kok serba ekstrim. Ya sudah daripada ekstrim kembali ke kampung saja, budaya lokal, itu yang saya tangkap. Itu saya bisa keliru, sih," jelas Hanif.

Soal ketertarikannya dengan Didi Kempot, Hanif menyebut hal itu dimulai beberapa bulan lalu. Sebenarnya ia sudah sering dengar lagu Didi Kempot, namun ia makin penasaran saat Harlah PKB di kantor DPP, suasana jadi ramai karena dihadiri Didi Kempot.

"Dulu sering dengarkan lagunya tapi tidak seheboh sekarang. Heboh itu undang Didi Kempot ke Harlah di DPP. Tadinya seting acaranya sederhana, undang Didi Kempot ternyata jalan di depan kantor DPP penuh. Mulai situ saya lebih cari tahu, kok pada heboh ternyata luar biasa," pungkasnya.

Menurutnya lagu Didi Kempot enak didengar meski banyak juga orang yang tidak paham artinya. Jika diperhatikan banyak lirik sedih yang mewakili perasaan pendengarnya. Maka banyak juga fans Didi Kempot yang disebut sad boys dan sad girls.

"Menurut saya selain lagu enak juga mewakili isi hati banyak orang terutama anak muda, jomblowan jomblowati," ujar Hanif tersenyum.




Simak Video "Sesmenpora: Pesan Pak Nahrawi, Siapapun Penggantinya Harus Disambut Positif"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com